• Nusa Tenggara Timur

Sejarah Perjuangan Kasus Montara: YPTB Kirim Sampel Contoh Tumpahan Minyak Montara (7)

Djemi Amnifu | Selasa, 02/05/2023 09:07 WIB
Sejarah Perjuangan Kasus Montara: YPTB Kirim Sampel Contoh Tumpahan Minyak Montara (7) Contoh tumpahan minyak Montara yang dianalisa oleh sebuah perusahaan di Australia atas permintaan Komisi Penyelidik Montara yang dikirim YPTB pada Desember 2009 silam.

KATANTT.COM--Jalan panjang perjuangan petaka kasus Montara yang mencemari Laut Timor sejak Oktober 2009 silam, belum banyak diketahui publik. Bagaimana suka, duka dan perjuangan yang penuh dengan air mata akan dikisahkan oleh Ketua Yayasan Peduli Timor Barat, Ferdi Tanoni secara berseri.

Singkatnya pada pertengahan bulan Desember 2009 lalu, dengan terpaksa saya harus terbang ke Surabaya untuk mengirim contoh tumpahan minyak Montara ke Senator Siewert Rachel Siewert di Perth-Australia Barat.

Ketika barang tiba di Perth, saya dihubungi oleh Senator Siewert bahwa contoh minyak ini akan saya kirimkan ke Leeder Consulting yang ditunjuk oleh Komisi Penyelidik Montara untuk melakukan analisa-nya.

Akhirnya pada bulan Pebruari 2010, maka diterbitkan lah surat hasil analisa contoh minyak Montara. Kemudian, kami menerima 18 halaman hasil analisa dari Leeder Consulting, tapi kami hanya terjemahkan hasil analisanya saja di bawah ini:

Tiga sampel diterima oleh Leeder Consulting dan dianalisis dengan Gas Chromatography-Deteksi Ionisasi Api (GC-FID) seperti yang diminta. Sampel dibandingkan dengan sampel dari minyak mentah Montara segar yang sebelumnya diterima oleh Leeder Consulting. Contoh 1 (Leeder ID 2010000434) hanya mengandung sejumlah kecil hidrokarbon minyak bumi yang sangat lapuk.

Rasio minyak keseluruhan untuk sampel ini tidak cocok dengan rasio minyak keseluruhan minyak mentah Montara segar.  Sampel 2 (Leeder ID 2010000435) dan Sampel 3 (Leeder ID 2010000436) mengandung minyak mentah. Seluruh rasio minyak dari sampel tersebut serupa dengan rasio minyak keseluruhan minyak mentah Montara segar.

Sampel dianalisis lebih lanjut untuk berbagai biomarker menggunakan GC-MS. Diagnostik rasio biomarker sampel dibandingkan dengan minyak mentah Montara segar. Korelasi plot menunjukkan kecocokan rasio diagnostik dalam interval kepercayaan 95% dan menyarankan kecocokan positif sampel dengan minyak mentah Montara segar.

Inilah hasil  analisa soal tumpahan minyak Montara,akan tetapi sejak tahun 2009 hingga tahun 2022 ini baru PTTEP di Bangkok mengakui bahwa BENAR  tumpahan minyak Montara telah membunuh mata pencaharian masyarakat di pesisir Laut Timor.

Namun, Pemerintah Federal Australia masih terus menerus berpura-pura seolah-olah tidak ada sesuatu yang terjadi di Laut Timor akibat kasus tumpuhan minyak Montara. Karena itu, muncul pertanyaan, dimanakah Pemerintah Indonesia pada waktu terjadinya Petaka Tumpahan minyak Montara pada tahun 2009 lalu?

"Saudara dan Saudari kami di 13 Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT yang terdampak Kasus Montara untuk tetaplah bersama kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Pencipta Langit dan Bumi Atas Berkat dan Anugerah-Nya yang diberikan kepada kita semua. (bersambung)

FOLLOW US