• Nusa Tenggara Timur

Ditinggal Sholat Ied, 4 Kios di Penfui Timur Ludes Terbakar

Imanuel Lodja | Sabtu, 22/04/2023 18:24 WIB
Ditinggal Sholat Ied, 4 Kios di Penfui Timur Ludes Terbakar ebakaran melanda 4 kios dan tempat usaha pada hari Idul Fitri, Sabtu (22/4/2023). Saat kejadian, pemilik kios tidak berada di tempat karena mengikuti sholat Ied Idul Fitri.

KATANTT.COM--Kebakaran melanda 4 kios dan tempat usaha pada hari Idul Fitri, Sabtu (22/4/2023). Saat kejadian, pemilik kios tidak berada di tempat karena mengikuti sholat Ied Idul Fitri. Kebakaran terjadi di RT 006/RW 002, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang sekitar pukul 07.30 wita.

Ada 4 kios dan tempat usaha yang terbakar masing-masing milik Debora Mbalu (40), pemilik kios rombengan, Hiswanto Anas (pemilik Kios Jaya), Yanto (pemilik tempat pangkas rambut) dan Budiyanto (33), pemilik kios Agam Abdila. Korban Debora Mbalu mengaku kalau ia melihat asap muncul pertama dari kios Agam Abdila milik Budiyanto sekitar pukul 07.00 wita.

Beberapa saat kemudian, korban Debora dan Apriana Mbalu (32) menuju ke tempat jualan pakaian yang berdekatan dengan Kios Agam Abdila untuk menyelamatkan barang-barang. Namun api langsung menyambar ke pintu tempat jualan pakaian tersebut sehingga keduanya tidak sempat masuk ke dalam.

Api pun membesar dan merambat ke tiga kios lain sehingga empat unit tempat usaha terbakar. Pada waktu kejadian, kondisi di lokasi kejadian masih sepi sehingga tidak ada warga masyarakat yang membantu menyebabkan kobaran api semakin besar sehingga sulit dipadamkan

Setengah jam kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan kobaran api. Api berhasil dipadamkan setelah satu jam upaya pemadaman dilakukan.

Kapolsek Kupang Tengah, Iptu I Nyoman Gurina Mariana, SH, MH, beserta anggota piket Polsek dan Bhabinkamtibmas ke lokasi kejadian membantu memadamkan sisa api yang masih menyala dan membantu memindahkan puing-puing sisa material yang terbakar. Akibat kejadian tersebut 4 unit kios milik para korban hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian yang dialami oleh para korban pasca peristiwa kebakaran tersebut sekitar ratusan juta rupiah. Diduga kebakaran berawal dari kios milik Budiyanto yang mana pada saat itu pemilik kios tidak berada di tempat dan sementara mengikuti sholat Ied Idul Fitri.

Korban lain mengaku kalau di kios Agam Abdila milik Budiyanto biasanya menjual bensin eceran sehingga kemungkinan sumber api berasal dari tempat penyimpanan bensin eceran tersebut. anggota Polsek Kupang Tengah masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait peristiwa kebakaran yang terjadi.

FOLLOW US