• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Panen Jagung Program TJPS dan Penandaan Sapi di Desa Litamali-Malaka

Imanuel Lodja | Minggu, 16/04/2023 15:46 WIB
 Gubernur NTT Panen Jagung Program TJPS dan Penandaan Sapi di Desa Litamali-Malaka Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Bupati Malaka Simon Nahak melaksanakan panen jagung Program TJPS Pola Kemitraan periode tanam Oktober-Maret di Desa Litamali, Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka, Jumat (14/04/2023).

KATANTT.COM--Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) didampingi Bupati Malaka Simon Nahak melaksanakan panen jagung Program TJPS Pola Kemitraan periode tanam Oktober - Maret dan penandaan ternak sapi di Desa Litamali, Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka.

"Panen jagung ini sangat baik dan jika ditambah dengan tanam kelor dan sorgum maka panen akan berjalan terus dan meningkatkan pendapatan petani. Tanaman kelor mudah dibudidayakan dan kelor basah bisa dijual dengan harga Rp 5.000/kg," kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Jumat (14/4/2023).

"Saya harapkan petani terus semangat dalam bertani dan menambah jenis tanaman yang dibudidayakan guna peningkatan ekonomi keluarga. Silahkan bekerjasama dengan TNI dan Polri kemudian hasilnya diatur untuk mengatur keefektifan tanam hingga panen, sehingga hasil ekonominya dapat terpenuhi," jelas Viktor.

Untuk diketahui luas lahan panen TJPS di Desa Litamali adalah 3,5 hektare dengan produktivitas 6,6 ton/hektare. Menggunakan jenis benih jagung hibrida varietas pioner P 21, adapun lahan TJPS ini dikelola oleh Kelompok Tani Sinar Moruk Ren.

Sedangkan kegiatan penandaan dan pendataan ternak di Kabupaten Malaka mendapatkan alokasi sebanyak 72.682 ekor sapi dan data per tanggal 11 April 2023 realisasi penandaan dan pendataan ternak sebanyak 10.270 ekor. Dan Kabupaten Malaka berada pada urutan ketiga di Provinsi NTT dalam realisasi penandaan ternak setelah Kabupaten TTS dan Kabupaten Kupang.

Serahkan Bantuan Pendidikan Rp 10,1 Miliar

Gubernur VBL dan Rombongan kemudian melaksanakan kunjungan ke SMA Raden Ajeng Kartini yang berada di Desa Umatoos Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Pada kesempatan tersebut diserahkan hibah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dana Pinjaman PT. SMI dengan nilai total Rp 2.165.379.674 dan Bantuan Pendidikan Dana Alokasi Umum Spesifik Grant tahun 2023 bagi 12 sekolah se-Kabupaten Malaka dengan nilai total Rp 10.136.848.000.

"Malaka merupakan daerah dengan potensi yang luar biasa dan kita membutuhkan pengelolaan yang baik. Kita ketahui data realitas pendidikan di NTT masih jauh tertinggal, kita membutuhkan effort untuk kerja kolaborasi dengan berbagai pihak dan sektor baik pendidikan, pertanian, perikanan hingga kesehatan," ungkap Viktor.

Ia menambahkan saat ini Dinas Kesehatan NTT telah melaksanakan kegiatan tes Hemogoblin (Hb) setiap tiga bulan sekali dan wajib konsumsi sarapan bagi siswa pada SMA/SMK. Kedua program ini guna mendukung kesehatan dan peningkatan proses belajar siswa.

Hal kata dia bertujuan untuk membangun manusia berkualitas karena sekolah perlu hubungan kekeluargaan yg baik antara sekolah dan siswa yang dilatih menjadi manusia unggul. pasalnya, membangun manusia seperti membangun sebuah bangunan, dibutuhkan fondasi yang kuat.

Ia mengaku jika NTT bermimpi 30 tahun ke depan pendidikannya, baik maka perlu merestorasi pendidikan dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi serta meningkatkan kompetensi guru.

"Pesan saya, kesehatan perlu dijaga untuk membentuk masa depan manusia-manusia unggul. Saya himbau kepada bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dan kepala sekolah untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan study tour bagi siswa. Jangan terpaku di dalam kelas tetapi lakukan juga pembelajaran di luar kelas melalui kolaborasi bersama berbagai pihak," tegasnya.

Sementara Bupati Malaka Simon Nahak mengungkapkan pengetahuan adalah kekuatan, melalui pendidikan, kita mampu berpikir untuk maju. "Harapan saya bantuan pendidikan yang telah diberikan menjadi motivasi bagi kita untuk terus berdoa, berkerja keras dan berekreasi," kata Simon Nahak.

FOLLOW US