• Nusa Tenggara Timur

Sertijab Tujuh Kapolres, Kapolda NTT Minta Beri Warna Baru dalam Pelaksanaan Tugas

Imanuel Lodja | Rabu, 12/04/2023 20:25 WIB
Sertijab Tujuh Kapolres, Kapolda NTT Minta Beri Warna Baru dalam Pelaksanaan Tugas Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma menyerahkan tongkat komando kepada Kapolres Lembata AKBP Josephien Vivick Tjangkung yang baru dilantik bersama enam Kapolres lainnya di Mako Polda NTT, Rabu (12/4/2023).

KATANTT.COM--Karo Ops Polda NTT dan tujuh Kapolres di jajaran Polda NTT dimutasi. Dan, Rabu (12/4/2023) dilakukan serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru di aula Rupatama lantai III Polda NTT. Serah terima jabatan dipandu Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum.

Pejabat yang diserahterimakan yakni Karo Ops dari Kombes Pol Widoni Fedri, SIK SH kepada Kombes Pol Deonijiu De Fatima, SIK, SH. Kapolres Manggarai Barat dari AKBP Felli Hermanto, SIK, MSi, ke AKBP Ari Satmoko, SH, SIK.

Jabatan Kapolres Alor dari AKBP Ari Satmoko, SH, SIK, kepada AKBP Supriadi Rahman, SIK. Kapolres Kupang dari AKBP FX Irwan Arianto, SIK, MH, kepada AKBP Anak Agung Gede Anom Wirata, SIK, MH. Jabatan Kapolres Sumba Barat dari AKBP Anak Agung Gede Anom Wirata, SIK MH kepada AKBP Benny Miniani Arief, SIK.

Jabatan Kapolres Belu dari AKBP Yosep Krisbiyanto, SIK, kepada AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, SIK. Kapolres Manggarai dari AKBP Yoce Marten, SH, SIK, MH, kepada AKBP Edwin Saleh, SIK, MH, dan Kapolres Lembata dari AKBP Dwi Handono Prasanto, SIK kepada AKBP Dr. Josephien Vivick Tjangkung, SSos, MIKom.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma mengingatkan bahwa tantangan tugas Polri semakin kompleks dari luar dan dalam. Orang nomor satu di Polda NTT ini juga minta agar Polri memastikan pangan tercukupi, energi dan investasi tetap berjalan lancar.

Sejumlah agenda yang perlu diperhatikan yakni pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 karena diperkirakan akan ada 123,8 juta orang melakukan perjalanan pada libur lebaran baik arus mudik dan arus balik termasuk ketersediaan bahan pokok menjelang hari raya.

Ada pula agenda internasional ASEAN Summit ke 42 tahun 2023 di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. Juga tahapan Pemilu. "Penghargaan kepada para pejabat lama yang memberikan kontribusi dengan kemajuan institusi khususnya menjaga stabilitas Kamtibmas agar tetap kondusif di wilayah hukum Polda NTT," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

Juga upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri di Polda NTT. "Saya berharap semangat juang dan dedikasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tambah Johni Asadoma.

Secara khusus kepada para Kapolres, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma berpesan agar Kapolres harus dapat memberi warna baru dalam pelaksanaan tugas berupa akselarasi dengan menggunakan terobosan kreatif dalam mengelola Harkamtibmas.

"Kapolres harus mengetahui dan memahami semua permasalahan internal yang terjadi di kesatuan serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat," tegasnya.

Kapolres juga diminta mengedepankan pencegahan, preemtif dan preventif dengan memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas dalam mengantisipasi dan menanggulangi potensi gangguan Kamtibmas. "Perkuat jalinan soliditas dan sinergitas polisional khususnya dengan pemerintah daerah, TNI dan elemen masyarakat," ujar mantan Kadiv Hubinter Polri ini.

Di sisi lain Kapolres agar menguasai kondisi daerah dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya serta pendekatan humanis dalam meraih simpati masyarakat. "Tingkatkan kehadiran Polri di tengah masyarakat. Kehadiran bukan sekedar fisik semata tetapi harus memberikan manfaat dan dirasakan oleh masyarakat sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pesan Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

Serah terima ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda jabatan serta penyerahan tongkat komando kepada Kapolres yang baru. Para pejabat pun menandatangani berita acara dan pakta integritas disaksikan Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

FOLLOW US