• Nusa Tenggara Timur

Pemkot Kupang Launching Sipejuang dan Sodamolek, Aplikasi Perubahan Pelayanan Publik yang Transparan

Reli Hendrikus | Selasa, 06/12/2022 23:31 WIB
Pemkot Kupang Launching Sipejuang dan Sodamolek, Aplikasi Perubahan Pelayanan Publik yang Transparan Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh bersama Sekda Kota Kupang, Fahrensy Funay dan Kadis Kominfo Provinsi NTT, Aba Maulaka serius mengikuti penjelasan Sekretrais Kominfo Kota Kupang, Andrew Otta, saat Launching Pengembangan Aplikasi Sodamolek yang terintegrasi dengan Aplikasi Simpus (Sistem Monitoring Puskesmas), Aplikasi Monitoring Inflasi Harga Pasar dan Aplikasi Si Pejuang (Sistem Informasi Persetujuan Ruang), Selasa (7/12/2022).

KATANTT.COM--Aplikasi Sipejuang dan Sodamolek sebagai mewujud terciptanya sebuah perubahan pelayanan publik bagi Pemerintah Kota Kupangayang terpadu serta birokrasi kredibel dan transparan secara digital.

"Dalam proyek perubahan yang kami ambil dalam sebuah aplikasi yakni Sipejuang dan Sodamolek adalah bagian dari perubahan pelayanan publik Pemerintah Kota Kupang," kata Asisten III Setda Kota Kupang, Ignasius Lega saat Launching Pengembangan Aplikasi Sodamolek yang terintegrasi dengan Aplikasi Simpus (Sistem Monitoring Puskesmas), Aplikasi Monitoring Inflasi Harga Pasar dan Aplikasi Si Pejuang (Sistem Informasi Persetujuan Ruang), Selasa (7/12/2022).

Acara yang dihelat di ruang rapat utama Garuda Lantai II Kantor Walikota Kupang ini dihadiri Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh, Sekda Kota Kupang, Fahrensy Funay, Kadis Kominfo Provinsi NTT, Aba Maulaka, Kadis Kominfo Kota Kupang, Poppy Baun berserta para kadis OPD, Kepala Statitik, para camat dan awak media.

Ignasisus Lega menjelaskan, sesuai penugasan yang diberikan Pemerintah Kota Kupang dalam mengikuti PIM 2 di Bali . Maka perlu sampaikan semu prosea PIM 2 saat ini telah melalui satu fase dalam hal ini proyek perubahan, yang mana didampingi Setda Kota Kupang selaku mentornya.

"Dalam proyek perubahan yang kami ambil yakni sebuah aplikasi yang akan menjadi aplikasi yang berkaitan dengan perijinan di Kota Kupang.Dan aplikasi ini adalah bagian telnologi informasi dan oraganisasi pembelajaran dan organisasi pelayanan publik," katanya.

Menurut Ignasius, ini merupakan bagian dari pembalajaran PIM 2 selama 4 bulan, di mana hal ini dituntut dalam melaksanakan tugas dari proyek perubahan sesuai Perpres, dan sudah diturunkan melalui Perwali yang rohnya pada integrasi tersistim dan kerja kolaborasi.

Sementara itu Sekretaris Kominfo Kota Kupang, Andrew Otta mengatakan, diketahui bersama aplikasi Sipejuang lebih pada pengisian data dan verifikasi data dalam suatu proses. Karena perkembangan Kota Kupang yang juga merupakan memiliki kawasan indusatri semakin hari semakin maju sehingga pengembangan pembangunan akan diikuti juga dengan peruntuknya.

Sedangkan untuk aplikasi Sodamolek lebih pada pelayanan publik yang di dalam berkaitab denga sistim pelayanan publik pada kesehatan diantaranya sistem untuk monitoring jumlah stunting dan juga inflasi pasar terutama pemantauan melalui sistem guna dapat monitoring fluktuasi harga pasar.

Selain itu, tambahnya dalam monitoring masalah kebersihan dapat juga dilakukan. "Untuk kebersihan yang menjadi komitmen Pak Penjabat menjadi Kota Kupang Bersih bebas dari sampah dapat juga diketahui secara digital nantinya," tutupnya.

FOLLOW US