• Nusa Tenggara Timur

Jabat Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma Utamakan Penyelesaian Kasus Lewat Jalur Restorasi Justice

Imanuel Lodja | Jum'at, 21/10/2022 13:49 WIB
Jabat Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma Utamakan Penyelesaian Kasus Lewat Jalur Restorasi Justice Penyerahan Pataka Polda NTT Catya Turangga Wirasakti dari pejabat lama Irjen Pol Setyo Budiyanto kepada Kapolda NTT yang baru Irjen Pol Johni Asadoma saat upacara di Lapangan Mapolda NTT, Jumat (21/10/2022).

KATANTT.COM--Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, resmi menjabat Kapolda NTT. Jumat (21/10/2022) dilakukan upacara penyerahan Pataka Polda NTT Catya Turangga Wirasakti dari pejabat lama Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, MH, kepada Kapolda NTT yang baru, Irjen Pol Johni Asadoma.

Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, MH, ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Sulawesi Utara. Sementara Irjen Pol Johni Asadoma, M.Hum sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Hubinter Polri.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma, MHum, menyebutkan kalau penyerahan pataka Catya Turangga Wirasakti merupakan tradisi dan dengan amanah pimpinan dari Kapolri, jabatan Kapolda NTT merupakan kehormatan dan kepercayaan dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan bagi masyarakat untuk mendukung program pemerintah.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma menyebutkan kalau tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolda NTT berat tetapi akan mudah dilaksanakan jika ada komitmen dari semua pihak. "Pembangunan tidak bisa dilakukan jika kondisi tidak aman dan nyaman," ujarnya.

Sebagai Kapolda NTT, ia memiliki 2 prioritas yakni penataan internal dalam membangun kultur Polri yang kuat serta penataan keamanan dan komunikasi publik.

Mantan Waka Polda NTT ini pun menyebutkan kalau kepercayaan pimpinan Polri ke Irjen Pol Setyo Budiyanto sebagai Kapolda Sulawesi Utara merupakan prestasi karena tidak semua perwira tinggi bisa menjadi Kapolda dan bahkan dua kali menjadi Kapolda NTT.

"Irjen Setyo Budiyanto sudah banyak berkarya di Polda NTT dan banyak kemajuan baik pembangunan fisik maupun kapasitas dan pelayanan masyarakat sehingga perlu ditindak lanjuti bagi semua jajaran Polda NTT," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma berharap dukungan yang diberikan anggota Polda NTT dan Polres jajaran ke irjen Pol Setyo Budiyanto juga diberikan kepadanya sebagai Kapolda NTT yang baru.

Mantan Wakapolda Sulawesi Utara ini pun menghimbau agar masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
Jenderal polisi bintang dua ini juga akan melakukan pendekatan humanis dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Ke depan, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma mengajak jajarannya menggunakan pendekatan restorasi justice dalam penyelesaian kasus-kasus. "Perkara yang ringan tidak perlu sampai ke pengadilan sehingga masyarakat tetap kondusif,"ujarnya.

Dengan pendekatan Restorasi Justice maka bisa memulihkan kembali masalah yang ada sehingga persaudaraan tetap terjaga. Namun untuk kasus-kasus besar seperti narkoba, terorisme dan kasus korupsi serta kasus berat lainnya tetap diselesaikan melalui jalur hukum dan di pengadilan.

Ia juga membangun komunikasi secara terbuka dan offline dengan seluruh komponen masyarakat. "Masyarakat bisa ke Polda, Polres dan Polsek menyampaikan keluhan dan saya akan terbuka membangun komunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat," tandasnya.

Johni Asadoma menyadari bahwa komunikasi terbuka antara polisi dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan membangun kepercayaan publik.

Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, MH, mengungkapkan kalau masih banyak hal yang belum dilakukan selama 9 bulan 19 hari memimpin Polda NTT.

Ia mengingatkan bahwa tugas ke depan berat dan Polri memiliki tanggung jawab meningkatkan kepercayaan publik pada Polri. "Beri dukungan dan kerjasama. tunjukkan dedikasi dan loyalitas pada Kapolda yang baru karena Irjen Pol Johni Asadoma merupakan putra asli NTT yang merupakan kebanggaan masyarakat NTT,"ujarnya.

Ia juga berharap agar silaturahmi tetap berjalan dengan baik. "Walaupun saya tidak lagi di NTT, mohon agar saya tetap dianggap sebagai bagian dari masyarakat NTT dan Polda NTT,"tambahnya.

Dengan pengalaman yang dimiliki Irjen Pol Johni Asadoma di dalam dan di luar negeri maka ia meyakini kalau Irjen Johni Asadoma mudah melaksanakan tugas dan memberikan keberhasilan dalam memimpin Polda NTT menjelang tahun politik.

FOLLOW US