• Nusa Tenggara Timur

Kadivhubinter Polri Jadi Kapolda NTT

Imanuel Lodja | Jum'at, 14/10/2022 21:13 WIB
Kadivhubinter Polri Jadi Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma

 KATANTT.COM--Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali memutasi sejumlah perwira tinggi di tubuh Korps Bhayangkara. Salah satu yang dimutasi yakni Kepala Divisi Hubungan Internasional, Irjen Pol Johny Asadoma yang dimutasi menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur.

Dalam surat telegram mutasi, ada dua surat telegram mutasi yang dikeluarkan mabes Polri pada Jumat (14/10/2022) yakni ST/2223/X/KEP/2022 dan Surat Telegram nomor ST 2223/X/KEP/2022 yang memutasi sejumlah perwira tinggi Polri termasuk beberapa Kapolda.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2224/X/KEP/2022 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Wahyu Widada, jabatan Kapolda NTT yang saat ini dijabat Irjen Pol Setyo Budiyanto akan ditempati Irjen Pol. Johny Asadoma yang saat ini menjabat Kadivhubinter Polri.

Kapolda NTT, Irjen Setyo Budiyanto pun dirotasi menjadi Kapolda Sulawesi Utara menggantikan Irjen Pol Mulyatno yang akan memasuki masa pensiun dan dimutasi sebagai Pati di Polda Sulawesi Utara.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Setyo Budiyanto menjabat Kapolda NTT sejak 17 Desember 2021 menggantikan Irjen Pol Lotharia Latif yang saat itu dirotasi Kapolri sebagai Kapolda Maluku.

Dan sebagai pengganti Irjen. Pol. Johny Asadoma, Kapolri menunjuk Brigjen Krisnha Murthi yang saat ini menjabat Kepala Biro Misi Internasional Divhubinter Polri sebagai Kadivhubinter Polri.

Irjen Pol Johny Asadoma pernah menjadi Wakapolda NTT pada tahun 2018. Dia lalu dimutasi menjadi Kadivhubinter pada 17 Juli 2020 menggantikan Irjen Pol. Napoleon Bonaparte yang tersangkut kasus suap Joko Chandra.

Lulusan Akpol 1989 tersebut berpengalaman dalam bidang Brigade Mobil atau Brimob. Dia juga pernah menjabat sebagai Kapolres Binjai Polda Sumatera Utara pada tahun 2005 hingga 2007.

Selain Kapolda NTT dan Kapolda Sulawesi Utara, Kapolri juga memutasi sejumlah Kapolda yakni Kapolda Kalimatan Selatan, Kapolda DI Yogyakarta, dan Kapolda Maluku Utara.

Sementara dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2223/X/KEP/2022 membatalkan Irjen Pol. Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jawa Timur yang selanjutnya dimutasi sebagai Pati di Yanma Mabes Polri.

Irjen Teddy Minahasa yang menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat sebelumnya dimutasi sebagai Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Pol. Nico Afinta.

Tapi mutasi Irjen Pol. Teddy Minahasa lalu dibatalkan karena ditangkap Divisi Propam Polri karena tersangkut kasus Narkoba. Irjen Teddy Minahasa diamankan Kamis (13/10/2022).

FOLLOW US