• Nusa Tenggara Timur

Propam Poda NTT Gelar Tes Urine Mendadak kepada Seluruh Anggota

Imanuel Lodja | Selasa, 15/02/2022 12:10 WIB
Propam Poda NTT Gelar Tes Urine Mendadak kepada Seluruh Anggota Kabid Propam Polda NTT Kombes Pol Dr Dominicus Savio Yempormase dan Kabid Biddokkes Polda NTT, Kombes Pol dr. Sudaryono ketika memantau pelaksanaan tes urine di Mapolda NTT, Selasa (15/2/2022).

KATANTT.COM--Anggota bidang profesi dan pengamanan (Propam) Polda NTT melakukan tes urine secara mendadak bagi seluruh anggota Polri di Polda NTT, Selasa (15/2/2022).

Propam Polda NTT bekerjasama dengan Biddokes Polda NTT mengelar tes urine secara mendadak kepada anggota di lingkup Mapolda NTT.

Kurang lebih 300 personil Polri terlibat dalam pemeriksaan tersebut dengan dipantau langsung Kabid Propam Polda NTT Kombes Pol Dr Dominicus Savio Yempormase dan Kabid Biddokkes Polda NTT, Kombes Pol dr Sudaryono.

Kabid Propam Polda NTT Kombes Dominicus Savio Yempormase menyebutkan bahwa pelaksanaan tes urine secara berkala tersebut bentuk tindak lanjut dari antisipasi penyalahgunaan obat terlarang dan narkotika.

"Ini merupakan upaya pengawasan. Hari ini kita kembali melakukan upaya mitigasi atau pencegahan," kata mantan Wadir Binmas Polda NTT ini.

Mantan Wadir Reskrimsus Polda NTT itu berharap dapat mencegah penyalahgunaan narkotika melalui aksi spontan atau mendadak seperti yang digelarnya itu.

"Semoga berdampak kepada anggota Polri sehingga tidak terlibat dalam tindakan pidana tersebut," kata mantan Kapolres Alor, Polda NTT ini.

Ia menyebutkan, kegiatan tes urine secara mendadak tersebut diperkirakan diikuti kurang lebih 300 personil.

"Sejauh ini sudah 145 orang yang melakukan tes urine dan hasilnya masih negatif atau belum ditemukan anggota yang menggunakan narkoba," sebut mantan Dir Tahti Polda NTT ini.

"Sejauh ini juga belum ada anggota yang terdeteksi menggunakan narkoba dan diharapkan kondisi ini terus terjaga oleh anggota Polda NTT," tambahnya ketika ditanya terkait data anggota yang terlibat menggunakan narkoba.

Atas arahan pimpinan polri untuk meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan penyalahgunaan narkotika, Propam Polda NTT juga akan berkoordinasi dengan polres jajaran agar menggelar kegiatan yang sama.

"Peluang terjadinya penyalah gunaan obat terlarang ini sangat berpeluang sehingga Polres jajaran juga didorong menggelar kegiatan tes ini," tandas mantan kapolres Kupang, Polda NTT ini.

FOLLOW US