• Nusa Tenggara Timur

Gempa Rusaki Plafon Kantor Bupati Kupang dan Tembok Kantor Gubernur NTT Retak

Imanuel Lodja | Senin, 06/11/2023 07:03 WIB
Gempa Rusaki Plafon Kantor Bupati Kupang dan Tembok Kantor Gubernur NTT Retak Sejumlah plafon pada Kantor Bupati Kupang di Ciivic Center Oelamasi rubuh akibat dihantam gempa bumi berkekuatan 6,6 SR pada Kamis (2/11/2023).

KATANTT.COM--Gempa dengan magnitudo 6,6 mengguncang Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/11/2023) pukul 05.04 wita.

Sejumlah fasilitas perkantoran dilaporkan rusak. Plafon kantor Bupati Kabupaten Kupang di Oelamasi, Kecamatan Kupang Timur roboh, dan tembok kantor Gubernur NTT di Jalan El Tari mengalami retak di lantai empat dan lima.

Dari video yang beredar, potongan-potongan plafon jatuh dan bertebaran di lantai kantor akibat guncangan gempa. Sedangkan kantor gubernur NTT di Jalan El Tari Kota Kupang tampak retak-retak. Serpihan material dinding pun jatuh bertebaran di lantai.

Berdasarkan informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer dan lokasi gempa berada pada 24 kilometer Tenggara Kupang-NTT.

Letak gempa terjadi di 10.34 lintang selatan (LS) dan 123.Bujur Timur (BT). Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Gempa dilaporkan dirasakan dengan skala VI MMI di Kupang, IV-V di Kabupaten Timor Tengah Selatan, III Rote, III Waingapu, III Alor, II Larantuka, II Lembata.

Kalak BPBD NTT Ambrosius Kodo mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan BPBD Kota dan Kabupaten Kupang untuk mendapatkan data, serta informasi terkait gempa bumi pagi tadi. "Hingga sejauh ini belum ada laporan dampak terhadap masyarakat atau warga," jelasnya singkat.

FOLLOW US