• Nusa Tenggara Timur

Penjabat Gubernur NTT Cabut Kebijakan Sekolah Jam 5.30 Pagi

Imanuel Lodja | Kamis, 21/09/2023 19:18 WIB
 Penjabat Gubernur NTT Cabut Kebijakan Sekolah Jam 5.30 Pagi Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake

 KATANTT.COM--Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ayodhia Kalake akan memberhentikan sejumlah kebijakan mantan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Salah satunya adalah menghentikan kebijakan sekolah jam 5.30 wita pagi bagi sejumlah SMA di Kota Kupang.

Hal itu terungkap dalam tanggapannya terhadap pemandangan umum Fraksi DPRD NTT, Kamis (21/9/2023). "Terhadap penerapan kebijakan masuk sekolah jam 5.30 wita pagi yang berlaku pada sekolah SMA/SMK di Kota Kupang. Pemerintah telah mengambil langkah bahwa pada tanggal 21 September 2023 jam masuk sekolah dikembalikan ke jadwal masuk semula yaitu jam 7.00 WITA," jelas Ayodhia Kalake.

Informasi terkait pemberhentian kebijakan sekolah jam 5.30 pagi sudah diutarakan oleh Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake kepada awak media saat menghadiri rapat paripurna di DPRD beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di NTT ini telah meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT untuk meninjau lagi kebijakan tersebut. "Ada rencana untuk dihentikan," ucap Ayodhia Kalake saat ditanya awak media, pada Selasa (19/9/2023) lalu.

Sebelumnya, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mewajibkan siswa-siswi SMA dan SMK masuk sekolah pada pukul 05.00 wita. Bahkan SMA Negeri 6 Sikumana Kupang telah melaksanakan instruksi tersebut.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan sejumlah guru tiba di sekolah masih dalam keadaan gelap. Salah satu guru mengatakan kepada teman-teman gurunya untuk masuk ke kelas tepat pukul 05.03 wita.

"Kita mau masuk kelas sudah tapi siswa-siswinya belum ada. Tinggal satu menit lagi dan walaupun belum ada siswa, saya tetap masuk kelas," jawab guru lainnya.

Bahkan ada guru yang menyempatkan diri merias wajahnya sebelum jam mata pelajaran dimulai. "Saya ngajar jam pertama dan siswanya baru satu orang. Saya juga belum sarapan dan sekarang masih pakai bedak dulu," ujarnya.

FOLLOW US