• Nusa Tenggara Timur

Cek Kesiapan Pemilu 2024, Polda NTT-TNI dan Pemprov NTT Gelar Rakor

Imanuel Lodja | Selasa, 13/02/2024 14:54 WIB
 Cek Kesiapan Pemilu 2024, Polda NTT-TNI dan Pemprov NTT Gelar Rakor Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, didampingi Pj. Gubernur NTT, Ayodhia Kalake dan Danrem 161/Wirasakti, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang saat pimpin rapat persiapan terakhir pelaksanaan pengamanan pemungutan suara di Mapolda NTT, Senin (12/2/2024).

 KATANTT.COM--Menjelang hari pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilu 14 Februari 2024, Polda NTT melakukan rapat koordinasi dengan TNI dan Pemprov NTT.

Rapat digelar terkait persiapan terakhir pelaksanaan pengamanan pemungutan suara di wilayah Provinsi NTT, Senin (12/2/2024) di Rupatama, lantai III Mapolda NTT.

Rapat dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, didampingi Pj. Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake dan Danrem 161/Wirasakti, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, menyebutkan rapat dilakukan untuk mengecek kesiapan bersama dalam melaksanakan Pemilu tahun 2024 di Provinsi NTT. "Kepolisian siap bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menjamin jalannya Pemilu 2024 dengan aman dan lancar," ujarnya.

Ia juga meminta seluruh jajaran Polda NTT untuk berkoordinasi secara langsung dengan seluruh ketua KPU di Kota dan Kabupaten guna memastikan proses pergeseran logistik Pemilu telah mencapai setiap kecamatan atau TPS yang ditentukan.

"Bahwa dalam kegiatan rapat ini dilaksanakan dalam rangka mengecek kembali sudah sampai mana kesiapan kita bersama dalam melaksanakan kegiatan Pemilu tahun 2024 di Wilayah Provinsi NTT," tegasnya.

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia kalake menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri yang telah mengawal serta mengamankan proses pendistribusian logistik Pemilu dengan baik.
"Kami mendorong jalannya kegiatan dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu 2024, semoga Pemilu di wilayah NTT dan seluruh Indonesia berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Sementara Ketua KPU NTT Jemris Fointuna memberikan update terkait jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan progres distribusi logistik Pemilu. Sementara Ketua Bawaslu Provinsi NTT menyampaikan bahwa Bawaslu telah membuka posko aduan masyarakat untuk menerima informasi terkait dugaan pelanggaran Pemilu.

Rapat ini juga melibatkan berbagai instansi terkait seperti Dukcapil Provinsi NTT, BMKG, PLN, dan Telkom, serta pengecekan kesiapan Polres Jajaran Polda NTT melalui pertemuan virtual. Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk memastikan semua pihak terlibat dalam menyukseskan Pemilu 2024 sehingga berjalan dengan aman, damai, dan lancar di wilayah NTT.

FOLLOW US