• Nusa Tenggara Timur

Siapa Ayodhia Kalake, Penjabat Gubernur NTT? Ini Profil Lengkapnya

Imanuel Lodja | Kamis, 07/09/2023 07:15 WIB
 Siapa Ayodhia Kalake, Penjabat Gubernur NTT? Ini Profil Lengkapnya Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake saat dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian bersama sembilan Penjabat Gubernur lainnya di Kemendagri-Jakarta, Selasa (5/9/2023).

KATANTT.COM--Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia Kalake resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ayodia menggantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adreanus Nae Soi, yang berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023 lalu.

Ayodhia Kalake bersama beberapa Penjabat Gubernur lainnya dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian atas nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta pada Selasa (5/9/2023) pagi.

Ayodhia Kalake merupakan pria berdarah Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Ayahnya berasal dari Adonara, sedangkan ibunya orang Sunda.

"Pak Ayodhia lahir di Jakarta dan besar di Bandung, Jawa Barat," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Prisila Q Parera, Rabu (6/9/2023).

Ayodhia Kalake, mengenyam pendidikan hingga jenjang magister, pendidikan sarjana di Fakultas Hukum, jurusan Hukum Internasional, Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung.

Lulus dari Unpad, Ayodia sempat bekerja di sebuah Law Firm di Jakarta dan kemudian diterima di Sekolah Dinas Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri RI.

Ayodia melanjutkan pendidikannya ke Madrid, Spanyol dan menyelesaikan pendidikan Master Hukum Uni Eropa di Universidad Complutense de Madrid.

Ia adalah pejabat karier di Kementerian Luar Negeri RI, dan pernah bertugas di KBRI Madrid, KJRI Hong Kong dan KBRI Berlin, serta Ditjen Politik, Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional, Ditjen Multilateral Kementerian Luar Negeri.

"Beliau juga juga pernah mengikuti kursus lanjutan di London School of Economics and Political Science, Harvard Law School, Harvard Kennedy School dan beberapa training atau kursus lainnya," katanya.

Pada tahun 2020, Ayodhia menjabat sebagai Deputi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves. Sebelumnya Ayodhia pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menko Marves Bidang Hubungan Internasional dan Perjanjian Internasional, serta Asdep Delimitasi Zona Maritim sejak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman didirikan.

Pada 3 Januari 2022, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menunjuk Ayodhia menjadi Sekretaris Kemenko Marves.
Ayodhia juga pernah mendapat tanggungjawab sebagai Ketua Sekretariat Penyelenggara Acara KTT G20 Tahun 2022 di Bali.

Setelah menjalani tugasnya kurang lebih satu tahun tujuh bulan sebagai Sekretaris Kemenko Marves, Ayodhia dilantik sebagai Penjabat Gubernur NTT hingga satu tahun ke depan.

FOLLOW US