• Nusa Tenggara Timur

Cegah Radikalisme dan Terorisme, BNPT Gelar Karakter ID dan Asik Bang

Imanuel Lodja | Kamis, 16/03/2023 07:59 WIB
Cegah Radikalisme dan Terorisme, BNPT Gelar Karakter ID dan Asik Bang BNPT melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menggelar kegiatan Karakter ID atau “Kampus Rakyat Terpilih Indonesia” dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di Cafe Petir Kota Kupang, Rabu (15/3/2023).

KATANTT.COM--Ideologi Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi pedoman ketatanegaraan di Indonesia menghadapi ujian dengan berkembangnya paham radikalisme di Indonesia akhir-akhir ini. Kekhawatiran pemerintah terhadap paham radikalisme menjadi logis mengingat paham radikalisme berpotensi menjadi aksi terorisme.

Setiap elemen harus memikirkan dan mengambil langkah strategis serta solusi alternatif atas kebutuhan bangsa akan persatuan dan kesatuan serta karakter dan intelektualitas pemuda untuk menjamin masa depan bangsa.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang diamanatkan menangani terorisme, memandang penting aspek pencegahan yang bersifat lunak dalam upaya mewaspadai berkembangnya radikalisme dan terorisme yang membajak kepercayaan tertentu di masyarakat.

Pendekatan lunak merupakan terobosan rangka meningkatkan daya tangkal masyarakat, khususnya generasi muda, pelajar serta civitas academica, penggiat dan pecinta musik, menolak ajakan kekerasan yang diinisiasi kelompok radikal terorisme.

Oleh karena itu BNPT melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menggelar kegiatan Karakter ID atau “Kampus Rakyat Terpilih Indonesia” dalam pencegahan radikalisme dan terorisme.

Kegiatan ini diakui Ir Yohanes Oktavianus, MM (Ketua FKPT Nusa Tenggara Timur) merupakan usaha bersama untuk mewaspadai radikalisme sebagai bagian dari upaya-upaya pencegahan terorisme, dalam rangka merawat perdamaian, toleransi dan kebhinekaan Indonesia dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ketua FKPT NTT didampingi sekretaris FKPT NTT, S. Syufyanto Minggele, S.Kom dan Kabid Pemuda, Oktovianus Ola Bage Ariana, SH, Rabu (15/3/2023) menyebutkan kalau program pencegahan terorisme yang dilaksanakan BNPT terdiri atas dua strategi.

Strategi deradikalisasi ditujukan terhadap kelompok inti dan militan teroris dengan melaksanakan kegiatan penangkalan, rehabilitasi, reedukasi, dan resosialisasi. Sementara strategi kontra radikalisasi ditujukan terhadap kelompok pendukung, simpatisan, dan masyarakat dengan melaksanakan pencegahan.

Diakui bahwa di era modern ini, edukasi, dan informasi menjadi hal yang penting untuk didapatkan masyarakat. "Dengan adanya globalisasi, masyarakat khususnya para pemuda menjadi ketergantungan untuk mendapatkan informasi dan hiburan secara massal lewat media yang bersifat online," ujarnya, Rabu (15/3/20223).

Kreativitas dan ide yang pada awalnya sulit untuk dikreasikan di depan umum, dengan sangat mudah bisa dituangkan dan disebarkan melalui online. "Kegiatan pembentukan kampus rakyat terpilih diharapkan mampu menjadi solusi, wadah silaturahmi dan memberi edukasi positif bagi kalangan pemuda," tandasnya.

Karakter ID adalah singkatan dari Kampus Rakyat Terpilih Indonesia. Program ini merupakan program pelatihan kepemimpinan untuk calon kader BNPT RI secara regional dan nasional melalui teknis Podcast.

Kegiatan digelar pada tanggal 15-17 Maret 2023 di Cafe Petir Kota Kupang diikuti 20 orang peserta. FKPT NTT melakukan sosialisasi dengan mendatangi Kadis Pendidikan dan kebudayaan NTT, Linus Lusi serta berkoordinasi dengan lembaga pendidikan.

Peserta dari lomba ini adalah remaja hingga dewasa muda (tingkat pendidikan SMP sederajat, SMA sederajat, kuliah, dan para pekerja) yang telah lolos seleksi awal, aktif di media sosial dan organisasi, serta memiliki toleransi serta memiliki keinginan kuat menjaga perdamaian di NKRI.

Dalam setiap tahap pelatihan akan terpilih peserta terbaik yang disebut dengan ‘Simpul’. Para Simpul terbaik di daerahnya akan menjadi simpul provinsi. "Simpul Provinsi akan menjadi perwakilan untuk pelatihan skala nasional.

Satu orang Simpul terbaik dalam pelatihan skala nasional akan dinobatkan sebagai Simpul Nasional," urai Kepala Badan Kesbangpol NTT ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 4 tahap yakni seleksi calon peserta, pelatihan tingkat provinsi, pelatihan tingkat nasional via daring, dan pembinaan berkelanjutan secara daring.

Setiap tahap berbeda dalam hal jumlah peserta, lama waktu pelatihan, materi pelatihan, dan hadiah bagi peserta terpilih. Diharapkan dari pelatihan ini terpilih Simpul Provinsi dan Simpul Nasional sebagai perpanjangan tangan BNPT dan FKPT dalam penyebaran ideologi NKRI dan paham toleransi serta perdamaian di Indonesia.

Pelatihan mengusung tema "pendidikan karakter melalui pelatihan kepemimpinan dengan memanfaatkan media Podcast". Para peserta mengikuti pelatihan KARAKTER ID, Kampus Rakyat Terpilih Indonesia dengan tagline “SUARakan Indonesiamu”.

Peserta adalah mereka yang telah lolos seleksi administratif dan keterampilan kepemimpinan dasar komunikasi, tidak memiliki catatan kriminal, bersikap toleran, dan siap berkomitmen pada kegiatan KARAKTER ID. Pengumpulan data seleksi maksimal 1 minggu sebelum pelatihan dilakukan.

Materi audio dikirimkan dengan ketentuan durasi 3-5 menit berisi cerita tentang kearifan lokal di daerahnya yang mempersatukan serta suara harus dapat didengar dengan jelas, direkam dalam situasi yang tenang tanpa lagu pengiring dan format MP3.

Materi seleksi dikirimkan bersamaan dengan mengisi formulir pendaftaran melalui link http://bit.ly/KARAKTERID.
"Pengiriman materi lomba paling lambat 7 hari sebelum dilaksanakannya," ujarnya.

Seleksi di tingkat Provinsi dilakukan oleh Pengurus FKPT, informan, dan BNPT pusat untuk menentukan 1 simpul provinsi.

Sedangkan untuk tingkat nasional pada bulan Desember 2023 oleh Dewan Juri yang ditentukan oleh BNPT pada waktu yang bersamaan dengan Rakornas 2023, untuk menentukan 1 Simpul Nasional. Pengumuman juara perlombaan pada bulan Desember 2023 saat penutupan Rakornas 2023.

Dewan Juri lomba ini terdiri dari Rizky Adi Nugroho, La Rane Hafied, Tio Prasetyo Utomo, Novia Riani Putri, Bintang Cahya, Lulu Pranidhar dan Dr Romeyn Perdana Putra, S.Sos MM. Ia memastikan bahwa seleksi dilaksanakan secara profesional dan objektif.

Seleksi di tingkat provinsi untuk mencari dan menetapkan 20 peserta pelatihan. "Dari 20 orang tersebut akan dipilih 1 orang Simpul Provinsi," tambahnya.

Seleksi di tingkat nasional untuk mencari dan menetapkan 1 orang Simpul Nasional dari 34 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Ke-34 Simpul Provinsi dan 1 Simpul Nasional masing-masing mendapatkan sertifikat dan hadiah berupa dana pembinaan.

Sedangkan kegiatan aksi musik anak bangsa (Asik Bang) juga digelar dengan memberikan kesempatan kepada peserta menyanyikan lagu yang akan dilombakan. Peserta akan mengikuti lomba di aula pasca sarjana Undana Kupang pada Kamis (16/3/2023).

Peserta menyanyikan satu lagu pilihan bebas dan satu lagu wajib yang disiapkan panitia. Sebelum perlombaan akan diisi dengan cerita ringan dari peserta dilanjutkan dengan perlombaan. BNPT melalui FKPT menyediakan hadiah puluhan juta rupiah bagi peserta terbaik dan bakal ikut lomba tingkat nasional.

FOLLOW US