• Nasional

(Hoaks): Wasit Terbukti Curang, Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan akan Diulang

Reli Hendrikus | Selasa, 30/04/2024 14:20 WIB
(Hoaks): Wasit Terbukti Curang, Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan akan Diulang Hoaks

KATANTT.COM--Masyarakat Indonesia kecewa berat dengan kegagalan Indonesia lolos ke final Piala Asia U-23. Bukan karena permainan tim asuhan Shin Tae-yong buruk, namun karena beberapa keputusan wasit dianggap merugikan Indonesia.

Hal itu sampai membuat adanya kabar yang simpang siur bahwa pertandingan antara Indonesia menghadapi Uzbekistan diulang.

Kabar yang diragukan kebenarannya tersebut diembuskan sejumlah akun YouTube yang memberitakan hasil semifinal Piala Asia U-23 antara Indonesia menghadapi Uzbekistan, antara lain akun bernama AR News dan Onlen News.

Berikut narasi dalam beberapa unggahan tersebut:

“YES ALHAMDULULLAH RESMI DIULANG ~AFC Beri pernyataan bijak ini usai temukan kejanggalan dari wasit

UZBEKISTAN PASRAH !! AFC Temukan KECURANGAN, Laga Timnas U23 Vs Uzbekistan Diulang Rabu ~ Harus Itu

INDONESIA VS UZBEKISTAN RESMI DI ULANG ATAS REKOMENDASI KOMITE WASIT AFC DAN FIFA PAD HARI INI”

Hasil Cek Fakta apakah akan diulang pertandingan tersebut?

Dikutip dari Antara, kabar diulangnya pertandingan semifinal antara Indonesia melawan Uzbekistan dipastikan kabar bohong atau hoax, karena tidak ada pernyataan resmi dari AFC terkait diulangnya duel tersebut.

Yang benar adalah Indonesia tetap akan kembali bertanding setelah semifinal namun dalam babak perebutan juara tiga, dan lawan yang akan dihadapi adalah Irak.

Laga timnas U23 Indonesia vs Irak akan digelar pada Kamis (2/5) di Stadion Abdullah bin Khalifah. Pemenang dari laga ini akan lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024 menemani Uzbekistan dan Jepang.

Meskipun kalah di semifinal, namun tim Indonesia tetap layak diapresiasi karena sebagai tim debutan di Piala Asia U-23, mereka sukses melebihi target awal yaitu lolos ke perempat final.

Langkah tim Merah Putih mencapai semifinal tidaklah mudah. Sempat kalah 2-0 dari tuan rumah Qatar, Indonesia sukses mengalahkan Australia 1-0 di pertandingan kedua fase grup, dan mencukur Yordania 4-1 di laga terakhir.

Dua kemenangan dan satu kekalahan cukup untuk membawa Pratama Arhan dan kolega melaju ke perempat final menghadapi Korea Selatan.

Tanpa diduga, Indonesia sukses menyingkirkan Korea Selatan lewat adu penalti dengan skor 11-10 setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal plus extra time 2x15 menit.

Uzbekistan akhirnya menghentikan laju gemilang Timnas Indonesia setelah meraih kemenangan 2-0 pada semifinal yang berlangsung Senin (29/4) malam WIB.

FOLLOW US