• Nusa Tenggara Timur

Ini Klarifikasi Bupati Alor Terkait Pernyataan Warganya Sebut Stunting sebagai Spot Wisata

Imanuel Lodja | Senin, 10/10/2022 05:48 WIB
Ini Klarifikasi Bupati Alor Terkait Pernyataan Warganya Sebut Stunting sebagai Spot Wisata Bupati Alor, Amon Djobo

KATANTT.COM--Sepenggal video pemilihan Nyong dan Nona pada Expo Alor tahun 2022 di Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, beredar dan viral di media sosial, akhir pekan lalu. Video berdurasi 1 menit 20 detik itu mempertontonkan sepasang remaja pria dan wanita yang menjadi peserta audisi berdiri di panggung.

Peserta pria menjawab pertanyaan pembawa acara, bahwa stunting merupakan spot wisata. Video live pada akun youtube Media Center Alor ini pun beredar dan viral di media sosial.

Bupati Alor, Amon Djobo saat menutup Expo Alor, akhir pekan kemarin tidak mempersalahkan remaja pria tersebut. Malah dia mengatakan bahwa di Kabupaten Alor terdapat satu spot wisata bernama Stati, yang terletak di Kalimaneka, Kecamatan Pureman.

Menurut Amon Djobo, tidak salah salah satu peserta menyebut stunting adalah spot wisata. "Tidak salah juga salah satu peserta menyampaikan itu. Ada satu kampung kecil dan terdapat tiga goa yang terbagi dalam tiga bilik disitu, di arah utara kali Maneka," jelasnya.

Amon Djobo menyatakan, dia cukup lama menjadi camat disana, sehingga sangat mengetahui tempat tersebut. Ada peserta pemilihan nyong dan nona Alor yang mengatakan stunting merupakan tujuan wisata, Bupati Alor, Amon Djobo menilainya tidak salah.

Sebab kemungkinan mendengar istilah asing, lalu dihubungkan dengan kampung itu. Bupati Alor, Amon Djobo meminta masyarakat NTT untuk tidak lagi membagikan video itu ke mana-mana sehingga terus menjadi viral.

Harus juga memikirkan dampak ikutan dari kejadian itu. Gangguan mental dan lain-lain terhadap anak harus dipikirkan juga, bukan untuk menertawakan.

Sebelumnya, seseorang kemudian meminta remaja pria menyampaikan pemahamannya tentang stunting. "Jawab pertanyaan nomor 25, apa penyebab utama terjadinya stunting? Sekali lagi apa penyebab utama terjadinya stunting? Silahkan," ucap penanya kepada peserta.

Remaja pria yang diketahui bernama Nelson itu dengan polosnya menjawab, bahwa stunting merupakan sebuah destinasi wisata. "Ya baik, terima kasih saya akan menjawab. Stunting ialah salah satu spot wisata," katanya, disambut gelak tawa penonton.

Menurut Nelson, stunting sebagai spot wisata yang dimiliki oleh salah satu daerah, dengan destinasi-destinasi wisata yang mana dapat memberikan pesona alam yang baik, bagi suatu daerah tertentu.

Pembawa acara pun langsung mengajak penonton untuk bertepuk tangan atas jawaban Nelson. "Tepuk tangan buat Kecamatan Alor Tengah Utara. Dan ini sedikit informasi buat kita, jadi stunting itu berkaitan dengan gizi buruk. Ya tidak apa-apa yang penting dia su jawab dan yang penting percaya dirinya itu terus dipertahankan," kata pembawa acara.

Jawaban Nelson tentang stunting sebagai spot wisata kini menjadi viral. Videonya tersebut terus dibagikan ke grup-grup media sosial, seperti whatsapp maupun facebook.

FOLLOW US