• Nusa Tenggara Timur

Gempa Bumi Tektonik 4 SR Kembali Guncang Waingapu di Pulau Sumba

Imanuel Lodja | Jum'at, 18/03/2022 17:08 WIB
Gempa Bumi Tektonik 4 SR Kembali Guncang Waingapu di Pulau Sumba ilustrasi

KATANTT.COM--Gempa bumi tektonik kembali guncang Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kekuatan 4,0 Skala Richter, Jumat (18/3/2022) siang sekitar pukul 12.01 wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi dengan kekuatan 4,0 Skala Richter ini, episenternya terletak pada koordinat 9,91° Lintang Selatan, 120,56° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 35 kilometer, Timur Laut Wula Waijelu, pada kedalaman 18 kilometer.

Analisis Gempa Bumi Stasiun Geofisika Waingapu, Rendy Radjah menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Waingapu II-III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik tidak berpotensi Tsunami," jelas Randy Radjah.

Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Masyarakat juga diharapkan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tutup Rendy Radjah.

FOLLOW US