• Nasional

Pakai Jet Pribadi, Gubernur NTT Bawa Tanah dan Air ke IKN Nusantara

Imanuel Lodja | Senin, 14/03/2022 11:59 WIB
Pakai Jet Pribadi, Gubernur NTT Bawa Tanah dan Air ke IKN Nusantara Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah di Bandara El Tari sesaat sebelum terbang ke Kalimantan Timur.

KATANTT.COM--Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat bertolak ke Kalimantan Timur membawa air dan tanah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Minggu (13/3/2022).

Tanah dan air yang dibawa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk disatukan bersama seluruh provinsi di Indonesia.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat membawa tanah dan air yang diambil dari tujuh kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Di terminal VVIP Pemda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat membawa tanah dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi membawa air yang telah di simpan di dalam wadah tradisional.

Menggunakan pesawat pribadinya berjenis Legacy Embraer, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama rombongan yang termasuk Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah lepas landas dari bandara El Tari Kupang, menuju ke Kalimantan Timur.

"Air dibawa oleh bapak wakil gubernur, tanah dibawa oleh saya sebagai gubernur bersama dengan Gubernur NTB," ucapnya.

Menurut Viktor, semoga tanah dan air yang diambil dari rahim Flobamorata untuk membangun IKN Nusantara, menjadi kekuatan dan kebanggaan Indonesia.

"Doakan kami agar tanah dan air dari rahim Flobamorata menuju Kalimantan Timur untuk membangun Ibu Kota Begara baru kita Nusantara, menjadi kekuatan dan kebanggaan Indonesia," kata Viktor.

Sebelumnya, tanah dan air yang dibawa dari tujuh kabupaten telah dilakukan prosesi adat, di depan kantor gubernur Nusa Tenggara Timur, Jumat (11/3/2022).

Tanah dan air itu kemudian disatukan, sementara sisanya akan disimpan di Museum Daerah Nusa Tenggara Timur.

Kabupaten yang didaulat membawa tanah serta air ke IKN Nusantara adalah, Belu, Sabu Raijua, Rote Ndao, Sumba Tengah, Flores Timur, Alor dan Lembata.

FOLLOW US