• Nusa Tenggara Timur

Satlantas Polres Kupang Kota Langsung Operasi Keselamatan Turangga 2022 Hari Pertama

Imanuel Lodja | Rabu, 02/03/2022 08:10 WIB
Satlantas Polres Kupang Kota Langsung Operasi Keselamatan Turangga 2022 Hari Pertama Salah seorang anggota Satlantas Polres Kupang langsung mengenakan masker kepada salah seorang supir angkot yang abai terhadap protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker.

KATANTT.COM--Hari pertama pelaksanaan operasi, Selasa (1/3/2022), operasi dilakukan siang hari di Jalan Cak Doko-depan SMA Negeri 1 Kupang oleh personil Satlantas Polres Kupang Kota.

Dalam kegiatan ini, polisi menghimbau agar pengguna jalan dan pengendara tertib berlalu lintas.

Polisi memberikan himbauan melalui pengeras suara tentang adaptasi kebiasaan baru serta pencegahan Covid-19 kepada seluruh pengguna jalan.

Selain mengeluarkan himbauan, anggota juga memberikan teguran kepada warga yang masih lalai dan abai terhadap protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Peneguran juga disertai dengan pembagian masker kepada para pengguna jalan yang tidak menggunakan masker.

Selain itu, diikuti dengan penempelan stiker "Ayo Pakai Masker" pada kendaraan yang melintasi di jalan raya.

"Kegiatan ini kita lakukan agar para pengendara kendaraan mematuhi rambu-rambu lalulintas yang ada dan tidak melakukan pelanggaran lalulintas," ujar kasat Lantas Polres Kupang Kota, AKP Andry Aryansyah, SIK, usaioperasi ini.

Teguran dan himbauan juga dilakukan agar masyarakat menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi ini.

Operasi ini akan digelar selama 14 hari ke depan mulai tanggal 1-14 Maret 2022

Penindakan-penindakan dilakukan pada kejadian dan pelanggaran yang menimbulkan fatalitas dan pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Selama 14 hari kedepan ini selain penindakan, juga untuk mengurangi penyebaran virus covid 19 di Kota Kupang serta dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas ditengah pandemi Covid 19.

Satlantas Polres Kupang Kota mengagendakan menggelar operasi ini setiap hari di seluruh wilayah Kota Kupang.

"Kita lakukan (operasi) tiap hari. Silahkan lengkapi kendaraan dan diri dengan kelengkapan dan jangan membuat pelanggaran," tandas Kasat Lantas.

Masyarakat Kota Kupang diminta patuh dan taat berlalu lintas dengan selalu melengkapi surat kendaraan.

Pengendara dan penumpang sepeda motor diharapkan menggunakan helm dan kendaraan pun harus dilengkapi kaca spion dan kelengkapan lainnya.

operasi keselamatan Turangga 2022 mengusung tema "Melalui operasi keselamatan 2022 kita wujudkan budaya tertib berlalu lintas guna terciptanya Sitkamseltibcar lantas yang kondusif serta dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19".

Operasi keselamatan yang digelar merupakan jenis operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid 19.

Operasi menyasar potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan menggangu kamseltibcarlantas serta penyebaran Covid-19.

Diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas Lakalantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

FOLLOW US