• Nusa Tenggara Timur

Wabup Kupang Ambil Sumpah dan Janji 19 Aparatur Sipil Negara

Semy Andy Pah | Rabu, 08/12/2021 07:01 WIB
Wabup Kupang Ambil Sumpah dan Janji 19 Aparatur Sipil Negara Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe bersama ASN dan rohaniawan usai mengambil sumpah dan janji 19 ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang.

katantt.com--Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe mengambil sumpah dan janji sebanyak 19 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang. Sayangnya, dari 39 ASN lingkup Pemkab Kupang yang diambil sumpah dan janji justru sebanyak 20 ASN tak menghadiri acara ini, Selasa (7/12/2021) bertempat di aula Kantor Bupati Kupang.

Kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesanggupan dan komitmen dari setiap PNS untuk setia dan taat pada dasar negara, pemerintah dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, dimaksudkan untuk membentuk kesadaran PNS dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah serta martabat PNS.

"Kegiatan pengambilan sumpah dan janji PNS yang kita laksanakan bersama pada hari ini, kiranya dapat menjadi momentum yang baik untuk bersama dapat memaknai secara utuh, maksud dari setiap kalimat dalam sumpah dan janji yang telah diucapkan," katanya.

Jerry, mengatakan, hal ini penting untuk diketahui bahwa esensi dari sumpah janji PNS adalah bukan pada narasi yang diucapkan, tetapi juga pada implementasi yang kongkret oleh setiap insan PNS.

Sebab sebagai Wakil Kepala Daerah bersama Bupati Kupang, Korinus Masneno sangat mengharapkan hadirnya PNS Kabupaten Kupang yang berintegritas, serta memiliki profesionalisme kerja yang tinggi dengan mengabdikan diri melalui pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang telah direncanakan bagi kemajuan daerah ini.

Jerry Manafe menjelaskan, PNS Kabupaten Kupang dengan berbagai latar belakang pendidikan dan kemampuan yang ada, harus mampu menunjukkan dedikasinya sebagai pelayan publik, dengan memberi pelayanan secara maksimal terhadap kebutuhan masyarakat, baik itu barang, jasa maupun administrasi.

"Tentu kita tidak ingin citra dan martabat PNS yang diharapkan menjadi garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan harus mendapat kritikan sebagai akibat dari belum optimalnya kinerja yang diberikan," sambungnya.

Dari 39 orang PNS yang harus diambil sumpahnya, hanya dihadiri oleh 19 orang PNS saja. Sebab itu, Wabup Jerry Manafe menegaskan bahwa  PNS harus memiliki moral yang tinggi, disiplin dengan jam kerja serta loyalitas dimanapun berada.

Karena dengan kesadaran akan sumpah dan janji PNS ini kata Jerry Manafe, kiranya bersama-sama dapat bergerak menuju perubahan kearah yang lebih baik.

"Yakinlah bahwa dengan komitmen dan kesadaran untuk melaksanakan sumpah janji PNS yang telah diucapkan dapat mewujudkan fungsi PNS Kabupaten Kupang sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta perekat dan pemersatu bangsa" pungasknya.

Turut mendampingi, Plt. Asisten III Sekda Kab. Kupang Novita D.E Foenay, Kepala BKPSDM kabupaten Kupang Guntur Taopan, Kasat Pol PP Ferry Manafe, Kabag Perencanaan Lely Manurung, para tokoh agama, para PNS pengambil sumpah dan awak media.

FOLLOW US