Run for Equality 2024: Ekspresikan Kekuatan dalam Diri dan Rayakan Kesetaraan!

Reli Hendrikus | Senin, 29/04/2024 13:48 WIB

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama dengan YPAC Jakarta mengadakan gelaran lari bertajuk Run for Equality di SPARK, Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024). Para pelari termasuk dari teman-teman disabilitas start berlari.

KATANTT-COM--Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama dengan YPAC Jakarta mengadakan gelaran lari bertajuk Run for Equality di SPARK, Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024).

Lebih dari 1.000 orang berpartisipasi—termasuk dari kelompok disabilitas-sambil menyuarakan pentingnya kesetaraan, terutama bagi anak-anak, anak perempuan dan kelompok disabilitas.

Run for Equality didukung oleh mitra korporasi seperti UNIQLO, J Trust Bank, Hemaviton, Rodalink/Polygon, Hokben, Oterra, dan Garmin. Figur publik seperti Chicco Jerikho, Bebeto Leutualy, Yunita Siregar, Ari Irham, Julian Latif, dan Reza Hilman juga turut berlari demi mendukung kesetaraan dan agar semua anak, tanpa terkecuali, lebih berani bermimpi.

Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Dini Widiastuti, dalam sambutannya di pembukaan Run for Equality 2024 menyampaikan bahwa Run for Equality 2024 yang mengangkat tema Unleash Your Inner Superhero tak hanya ingin mengajak masyarakat untuk lari gembira sejauh 2,3 kilometer dan 5,6 kilometer, tapi juga untuk bersama-sama memahami pentingnya kesetaraan bagi semua.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya mewujudkan inklusivitas dan kesetaraan, karena kita semua memiliki peran untuk mencapainya. Run for Equality kali ini juga menjadi salah satu kegiatan amal yang melibatkan berbagai pihak, korporasi, civil society organisations, figur publik, dan masyarakat luas agar terus termotivasi dan mendukung kinerja kami dalam memperjuangkan hak anak, kaum muda, perempuan, dan kelompok disabilitas di berbagai penjuru di Indonesia,” jelas Dini.

Baca juga :

Sejalan dengan Dini, Ketua YPAC Jakarta, Kumala Insiwi Suryo, mengatakan Run for Equality 2024 menjadi ruang untuk semakin membuka kesempatan dan akses yang lebih luas serta inklusif bagi kelompok disabilitas.

"Harapan kami kegiatan ini menjadi babak baru dalam mewujudkan kesetaraan terutama bagi kelompok disabilitas. Run for Equality juga menegaskan bahwa semua orang dapat terlibat tanpa terkecuali,” ungkap Kumala.

Sinergi antara Plan Indonesia dengan berbagai mitra korporasi, civil society organisations, serta berbagai figur publik membuktikan bahwa kemitraan merupakan kunci dalam upaya mencapai inklusivitas dan kesetaraan.

“Ini adalah kedua kalinya UNIQLO Indonesia mendukung kegiatan Run for Equality. Kami sangat gembira dapat ikut serta merayakan kesetaraan bersama Plan Indonesia dan YPAC Jakarta dalam Run for Equality 2024. Bentuk dukungan ini menjadi salah satu implementasi dari komitmen kami terkait pilar keberlanjutan UNIQLO yaitu People dan Society. Kami percaya bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya dan berkreasi,” pungkas Irma Yunita selaku Corporate Affairs Director PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO).

Ritsuo Fukadai selaku Direktur Utama J Trust Bank, sebagai mitra korporasi yang turut mendukung Run for Equality 2024, mengapresiasi segala upaya kerja sama lintas sektor dalam mengarusutamakan kehidupan yang inklusif khususnya bagi penyandang disabilitas. Melalui acara ini mengukuhkan komitmen J Trust Bank sebagai lembaga keuangan yang mendukung dan mengedepankan nilai kesetaraan.

Wujudkan Kesetaraan #SampaiSemuaSetara Tema Unleash Your Inner Superhero diusung untuk menegaskan bahwa semua bisa menjadi pahlawan, terutama untuk dirinya sendiri. Salah satu caranya adalah dengan berani bermimpi dan mencoba, karena halangan terbesar untuk mencapai cita-cita biasanya adalah keraguan diri, bukan kondisi fisik.

Aktor Chicco Jerikho yang turut berpartisipasi dengan mendampingi salah satu anak disabilitas berlari menyampaikan, gelaran ini menjadi momen spesial baginya karena dapat mendukung terwujudnya kesempatan serta akses setara bagi semua.

"Saya sangat senang bisa ikut mewujudkan dan merayakan kesetaraan. Run for Equality 2024 menjadi bukti bahwa bersama-sama kita bisa mendorong kesetaraan dan membuktikan bahwa setiap individu termasuk anak-anak disabilitas ini memiliki inner superhero dalam diri mereka sendiri," ucapnya.

Ghaniya (14 tahun), pelajar SLB D-D1 YPAC Jakarta yang juga mengikuti Run for Equality 2024 mengatakan, “Partisipasi kami dalam Run for Equality sangat menggembirakan. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk membuktikan bahwa meskipun kami memiliki perbedaan, kami tetap mampu berpartisipasi secara aktif,” tegasnya.

Tidak hanya demi mendorong kesetaraan bagi anak-anak terutama kelompok disabilitas, kampanye Run for Equality juga menjadi ajang untuk mengampanyekan gaya hidup sehat melalui berlari bagi remaja dan kaum muda yang menjadi fokus program Young Health Programme
(YHP) oleh Plan Indonesia, melalui kerja sama dengan AstraZeneca. Setidaknya 200 remaja dan kaum muda yang juga merupakan peer educator program YHP turut berlari dan meramaikan acara.

Run for Equality 2024 juga mengajak siapa saja yang ingin membuat penggalangan dana secara crowdfunding melalui platform Ayobantu.com. Hasilnya nanti akan dialokasikan untuk membantu mewujudkan kesetaraan melalui program-program inklusivitas yang dijalankan oleh Plan Indonesia dan YPAC Jakarta. ***

 Tentang Run for Equality

Run for Equality adalah acara lari amal yang mengajak publik luas dan penyandang disabilitas untuk bersama mengekspresikan kemampuan super dalam diri kita, menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri dan membuktikan bahwa kita semua mampu.

Run for Equality pertama kali diadakan pada 30 Juli 2023 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Acara ini diikuti lebih dari 1.000 masyarakat, termasuk anak dan kelompok disabilitas, sebagai salah satu rangkaian perayaan Hari Anak Nasional. Run for Equality menjadi komponen penting dalam komitmen untuk mewujudkan lingkungan yang aman serta setara, dengan melibatkan seluruh masyarakat, dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Tentang Plan Indonesia

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Kami juga bekerja bersama kaum
muda, untuk memastikan partisipasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan terkait hidup mereka.

Sebagai bagian dari Plan International Inc., Plan Indonesia memiliki program utama terkait sponsor bagi anak. Plan Indonesia telah membina 36 ribu anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur, dengan lima komitmen untuk memenuhi hak dasar mereka, yaitu hak atas akta kelahiran, vaksin dasar, air bersih, sanitasi, dan kebersihan, juga pendidikan.

Plan Indonesia bekerja pada 8 provinsi melalui tujuh program tematik, yaitu Pencegahan Gagal Tumbuh Anak, Penghapusan Kekerasan terhadap Anak dan Kaum Muda, Kesehatan Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, Sekolah Tangguh, Kesiapsiagaan Bencana
dan Respons Kemanusiaan yang Responsif Gender, juga Resiliensi Iklim yang Dipimipin oleh
Kaum Muda.

Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan, agensi, dan gerakan sosial yang melibatkan dan menargetkan agar 3 juta anak perempuan mendapatkan kekuatan yang setara, kebebasan yang setara, dan representasi yang setara. Informasi lebih
lanjut: plan-international.or.id

TAGS : Plan Indonesia Run for Equality 2024