(Cek Fakta): Tidak Benar Bisa Ambil Uang Tunai di ATM Pakai KTP

Reli Hendrikus | Jum'at, 19/04/2024 10:39 WIB

Beredar di media sosial postingan video seseorang mengambil uang di ATM menggunakan KTP. Postingan itu beredar sejak dua pekan lalu. Hoaks

KATANTT.COM--Beredar di media sosial postingan video seseorang mengambil uang di ATM menggunakan KTP. Postingan itu beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 April 2024.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 1 menit dua detik memperlihatkan seseorang mengambil uang tunai dengan kartu ATM dengan tampilan seperti KTP. Postingan itu disertai narasi:

Lantas, benarkah postingan video seseorang bisa mengambil uang di ATM menggunakan KTP?

Baca juga :

Hasil penelusuran Cek Fakta menemukan artikel dari Brilio.net berjudul "Pria ini bisa ambil uang di ATM pakai KTP, begini realitanya" yang tayang pada 27 September 2022.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa ATM yang digunakan sudah tertempel stiker dengan motif KTP. Sehingga penampakannya seolah-olah KTP bisa digunakan untuk mengambil uang tunai di mesin ATM.

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan kata kunci "stiker ATM KTP" di mesin pencarian Google. Hasilnya di beberapa toko belanja online terdapat stiker yang diperjualbelikan serupa dengan yang ada di video.

Sumber:

https://www.brilio.net/ngakak/pria-ini-bisa-ambil-uang-di-atm-pakai-ktp-begini-realitanya-220927d/kartu-menyerupai-ktp-tersebut-sejatinya-adalah-kartu-atm.html

Kesimpulan:

Postingan video seseorang mengambil uang di ATM menggunakan KTP adalah tidak benar. Faktanya kartu ATM tersebut telah diberikan stiker bermotif KTP.

TAGS : Cek Fakta Hoaks KTP Ambil Uang