• Sport

NTT Target 10 Besar di PON XXI 2024

Imanuel Lodja | Kamis, 18/04/2024 09:09 WIB
 NTT Target 10 Besar di PON XXI 2024 Josef Nae Soi

KATANTT.COM--Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meloloskan 182 atlet dari 70 cabang olahraga (Cabor) ke ajang PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Para atlet yang lolos berhasil menduduki peringkat satu, dua dan tiga.

Ketua KONI NTT, Josef Nae Soi menargetkan masuk 10 besar perolehan medali terbanyak dalam ajang empat tahunan itu. "Mudah-mudahan dari 70 Cabor yang dikirim, kita bisa masuk 10 besar," ujarnya, Rabu (17/4/2024).

Menurut Josef Nae Soi, Cabor yang menjadi unggulan kontingen NTT adalah bela diri, sehingga diharapkan raihan medali terbanyak berasal dari Cabor itu dan masuk 10 besar. "Biasanya cabang olahraga unggulan dari NTT itu bela diri. Semoga bisa masuk 10 besar," jelasnya.

Selain itu, Josef Nae Soi menyatakan bahwa NTT dan NTB telah ditetapkan menjadi tuan rumah PON tahun 2028. Ia mengingatkan Pemerintah Provinsi NTT agar ikut aktif menyiapkan atlet untuk berpartisipasi dalam ajang nasional tersebut.

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake menambahkan, pemerintah siap mendukung PON 2024 Aceh-Sumut serta tuan rumah PON 2028 nanti. "Kita bisa melihat bagaimana spirit olahraga yang dihasilkan oleh atlet-atlet kita yang berhasil menorehkan prestasi untuk ikut dalam PON Aceh-Sumut. Suatu capaian yang luar biasa,” jelasnya.

Menurut Ayodhia Kalake, setiap atlet cabang olahraga yang memenuhi kriteria dan mendapatkan medali akan mendapatkan prioritas untuk didukung pemerintah.

"Keberhasilan dari 182 atlet yang nantinya akan bertanding di Sumut-Aceh itu tentunya mengharumkan nama NTT. Saat ini NTT dan NTB sebagai tuan rumah tengah melakukan persiapan untuk menyambut PON 2028 nantinya," tutupnya.

 

FOLLOW US