• Nusa Tenggara Timur

Antisipasi Kecurangan BBM, Polda NTT dan Polres Jajaran Cek Stok di SPBU

Imanuel Lodja | Sabtu, 30/03/2024 12:36 WIB
Antisipasi Kecurangan BBM, Polda NTT dan Polres Jajaran Cek Stok di SPBU Sejumlah anggota Polda NTT dan Polres jajaran berusaha mencegah kecurangan di SPBU dalam distribusi BBM kepada warga menjelang pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H.

KATANTT.COM--Polda NTT dan Polres jajaran berusaha mencegah kecurangan di SPBU dalam distribusi BBM kepada warga menjelang pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H.

Anggota Direktorat Reskrimsus Polda NTT mengecek Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di Kota Kupang.

Ipda A. Ikram Mahben, salah satu penyidik yang terlibat dalam kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa operasional SPBU berlangsung dengan transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami melakukan pengecekan ke SPBU di Kota Kupang guna mencegah praktek-praktek kecurangan yang dapat merugikan masyarakat," ujarnya, Sabtu (30/3/2024).

Tim penyidik memeriksa setiap aspek operasional SPBU, termasuk ketersediaan dan kualitas bahan bakar, serta keabsahan pengukuran dan pembayaran kepada konsumen.

"Kami memberikan himbauan kepada pengusaha SPBU agar memastikan bahwa seluruh aktivitas di SPBU dilakukan dengan integritas dan kejujuran," tambahnya.

Pengecekan SPBU ini merupakan bagian dari strategi kepolisian dalam mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas jelang mudik Lebaran 1445 H dengan harapan masyarakat merasa lebih percaya dan nyaman saat melakukan transaksi di SPBU saat mudik lebaran.

Hal yang sama dilakukan anggota Unit Tindak Pidana Tertentu (tipidter) Satreskrim Polresta Kupang Kota yang melakukan pengawasan suplai BBM pada sejumlah SPBU di Kota Kupang.

Pengawasan dipimpin Kanit II Sat Reskrim Polresta Kupang Kota, Ipda Andi Gunawan. Bersama beberapa anggota, mereka memantau distribusi BBM di SPBU di Kota Kupang pada bongkar dari tangki Pertamina ke penampungan SPBU dan dari SPBU ke kendaraan.

"Ini untuk memastikan persediaan BBM yang ada di SPBU jelang mudik lebaran dan mencegah terjadinya praktik-praktik kecurangan yang dapat merugikan masyarakat" kąta Ipda Andi disela-sela pemantauan ini.

Disamping melakukan pengawasan, polisi juga mengecek keaslian dari jenis jenis bahan bakar minyak yang akan dijual ke masyarakat. "Karena jika terdapat campuran antara minyak dengan air misalnya mąka konsumen dałam hal ini masyarakat akan mengalami kerugian," lanjut Kanit Tipiter Polresta Kupang Kota.

Diakui kalau hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dengan kelangkaan bahan bakar minyak dan kecurangan terkait dengan campuran minyak dengan air.

FOLLOW US