• Nusa Tenggara Timur

Ditpolairud Polda NTT Sigap Evakuasi Kapal Mati Mesin Selama Semana Santa di Flotim

Imanuel Lodja | Sabtu, 30/03/2024 12:22 WIB
Ditpolairud Polda NTT Sigap Evakuasi Kapal Mati Mesin Selama Semana Santa di Flotim Anggota Direktorat Polairud Polda NTT yang melakukan BKO Polres Flores Timur saat mengamankan prosesi Samana Santa 2024 di sekitar Perairan Larantuka-Flores Timur.

KATANTT.COM--Prosesi Semana Santa 2024 termasuk ziarah laut yang digelar pada Jumat (29/3/2024) berjalan dengan aman dan lancar. Direktorat Polairud Polda NTT yang melakukan BKO Polres Flores Timur sendiri menyiagakan puluhan personil didukung sejumlah sarana dan prasarana.

Ada 31 orang personil yang dilibatkan terdiri dari unsur SAR dan crew KP P. Batek XXII-3003, crew KP P. Solor XXII-3015, crew KP Turangga XXII-3013, crew KP XXII-2004 dan crew KP P. Timor.

Direktorat Polairud Polda NTT juga menyiapkan perahu karet, teropong dan life jacket. Direktur Polairud Polda NTT, Kombes Pol Irfan Deffi Nasution yang dikonfirmasi Sabtu (30/3/2024) menyebutkan kalau pada Jumat siang ada prosesi laut perarakan patung Tuan Meninu dari Kapela Tuan Meninu kota Rowido.

Saat itu, satu buah perahu jolor melintang di antara kapal peziarah dan menabrak perahu lain. "Insiden ini tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa," ujar Direktur Polairud Polda NTT.

Team SAR segera merapat ke lokasi dan mengatur jarak antar kapal peziarah. Saat prosesi laut perarakan patung Tuan Meninu dari Kapela Tuan Meninu kota Rowido sementara berlangsung, situasi arus Gonzalo sangat kencang.

Hal ini mengakibatkan satu buah perahu peziarah mengalami mati mesin dan hanyut hampir menabrak kapal-kapal besar. Lagi-lagi team SAR Polairud tanggap dan melakukan pertolongan dengan segera menggandeng perahu yang mati mesin tersebut dan melakukan pengamanan dan pengawalan ke pinggir pantai dengan aman dan penumpang dalam keadaan selamat.

Setelah prosesi laut perarakan Tuan Meninu (patung bayi Yesus) sampai di Pantai kuce kelurahan Pohon Sirih, Personil Ditpolairud yang melaksanakan pengawalan kembali ke TPI Larantuka.

Namun ketika melintasi di depan dermaga Pelabuhan Pelni Larantuka, ada sekumpulan warga di atas pelabuhan Pelni Larantuka melambaikan tangan, memanggil dan minta bantuan.

Setelah didekati, orang yang memanggil adalah pemilik sampan dayung yang sampannya tenggelam di bawah dermaga, namun pemilik sampan dayung dan dua rekan pendayung dalam keadaan selamat dan sudah berada di atas dermaga Pelni Larantuka.

Personil Ditpolairud bersama pemilik perahu pengangkut perahu tersebut ke atas dermaga.
Dalam Operasi Semana Santa Turangga 2024, personel Ditpolairud Polda NTT berkolaborasi dengan personel KRI Escolar 871 untuk mengamankan prosesi tersebut.

Dengan keberhasilan pengamanan ini, masyarakat Kabupaten Flores Timur dapat melaksanakan ibadah dengan khidmat dan hikmat, sementara prosesi perarakan laut Patung Tuan Meninu berlangsung sesuai harapan, dihiasi dengan kedamaian dan kerukunan yang selalu menjadi dambaan umat.

FOLLOW US