• Nusa Tenggara Timur

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polda NTT Lakukan Pemeriksaan Urine Ratusan Personel

Imanuel Lodja | Senin, 04/03/2024 14:55 WIB
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polda NTT Lakukan Pemeriksaan Urine Ratusan Personel Polda NTT pun melakukan pemeriksaan urine yang melibatkan Itwasda, Bid Propam, dan Biddokkes, Senin (4/3/2024).

KATANTT.COM--Upaya mencegah dan mendeteksi dini penggunaan narkoba di kalangan personel, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) gencar dilakukan.

Polda NTT pun melakukan pemeriksaan urine yang melibatkan Itwasda, Bid Propam, dan Biddokkes, Senin (4/3/2024). Pemeriksaan ini dilakukan usai apel pagi di lingkungan Polda NTT.

Kepala Bidang (Kabid) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda NTT, Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase memerintahkan setiap satuan kerja (Satker) untuk mengirimkan 10 personelnya.

Kegiatan ini dipimpin Irwasda Polda NTT, Kombes Pol I Made Sunarta yang menekankan pentingnya evaluasi kesiapan anggota sebelum melaksanakan tugas berat, terutama menjelang Pilkada.

"Kita lakukan tes urine ini guna memastikan kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas yang menanti cukup berat yakni Pilkada. Setiap anggota wajib bebas dari narkoba," ujarnya.

Langkah proaktif ini merupakan komitmen Polda NTT menjaga integritas dan profesionalisme personelnya. Kolaborasi antara Itwasda, Bid Propam, dan Biddokkes menjadi strategi terpadu untuk memastikan keberhasilan kegiatan pemeriksaan urine ini.

Pemeriksaan urine bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi sebagai bagian dari upaya preventif dalam menjaga disiplin dan kualitas anggota kepolisian. Dengan pendekatan ini, diharapkan anggota Polda NTT senantiasa berada dalam kondisi optimal, bebas dari pengaruh narkoba yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas.

Melalui kegiatan ini, Polda NTT memberikan contoh nyata dalam penanganan masalah narkoba di internal institusi kepolisian. Langkah preventif ini dapat menjadi motivasi positif bagi institusi lain dalam upaya menjaga profesionalisme dan integritas personelnya.

Kabid Propam Polda NTTKombes Pol Dominicus Savio Yempormase mengaku kalau ada 210 orang anggota yang menjalani pemeriksaan urine. "Total personel yang diperiksa 210 personel dengan hasil semuanya negatif," tandasnya, saat dikonfirmasi Senin (4/3/2024).

Ia merinci Itwasda 8 orang, Biro Ops 10 orang, Ditsamapta 20 orang, Bidang Keuangan 3 orang, Dit Narkoba 12 orang, Dit Polair 10 orang. Bidang Hukum 1 orang, Dit Reskrimsus 9 orang, Dit Lantas 10 orang, Bid Dokkes 11 orang, Bidang Humas 7 orang, Biro Rena 12 orang, Biro Logistik 4 orang, Bidang TIK 6 orang, Biro SDM 8 orang, Dit Pam Obvit 9 orang, Dit Reskrimum 11 orang, Dit Intelkam 13 orang.

Satuan Brimob 10 orang, Dit Binmas 8 personil, Yanma 7 personil, Dit Tahti 5 personil, SPKT 1 personil dan rumah sakit 15 personil. "Hasilnya tidak ada yang positif alias nihil dan semuanya negatif," tandasnya.

FOLLOW US