• Nusa Tenggara Timur

Perahu Nelayan Terbalik di Perairan Sabu Timur, Empat Nelayan Selamat

Imanuel Lodja | Selasa, 27/02/2024 16:59 WIB
 Perahu Nelayan Terbalik di Perairan Sabu Timur, Empat Nelayan Selamat Dua dari empat nelayan yakni Marthen Djo dan yang selamat dalam musibah kapal nelayan tenggelam.

KATANTT.COM--Sebuah perahu nelayan terbalik di perairan Lie Mone, Dusun Bali, Kecamatan Sabu Timur, Kabupaten Sabu Raijua, NTT, Senin (26/2/2024).

Korban yang berhasil selamat masing-masing Marthen Djo (35), Paulus Bangngu (35), warga RT 011/RW 006, Desa Delo, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua.

Dua orang lainnya yang masih di laut dan dalam proses evakuasi perahu masing-masing Fredrik Lomi dan Deddy Raga Kadja, juga warga Desa Delo, Kecamatan Sabu Barat, kabupaten Sabu Raijua.

Kapolres Sabu Raijua, AKBP Paulus Naatonis yang dikonfirmasi Selasa (27/2/2024) membenarkan kasus ini. Disebutkan kalau sekitar pukul 13.00 Wita, keempat warga Desa Delo tersebut pergi memancing di sekitar Liae Mone, Kecamatan Sabu Timur, Kabupaten Sabu Raijua.

Tiba di spot pertama mereka tidak mendapatkan ikan, sehingga mereka pindah ke air yang dalam. Ketika tiba di spot berikutnya mereka menurunkan jangkar, dan saat itu perahu mereka tertimpa ombak besar dan langsung terbalik.

Sekitar 15 menit, kedua orang yaitu Paulus Bangngu dan Marten Djo memutuskan untuk berenang ke darat dengan bantuan 1 buah cool box fiber,

"Perahu korban sudah ditolong perahu nelayan lain yang sedang memancing juga dan sementara ditarik dari laut bersama perahu yang terbalik tersebut menuju pantai. Keduanya tiba di Pantai Bali sekitar pukul 19.30 Wita dan berjalan kaki menyusuri pantai menuju Pantai Biu untuk meminta bantuan," jelas Kapolres Sabu Raijua, AKBP Paulus Naatonis.

Sekitar pukul 17.17 wita, Darson Koro Lulu dan Teofilus Dehe Djimo yang sedang memancing juga di sekitar tempat terbaliknya perahu tersebut melihat ada orang yang melambai-lambaikan tangan, dan kondisi perahu sudah tenggelam dan hanya terlihat ujung depan perahu yang masih ada dipermukaan.

Darson dan Teofilus mendatangi korban untuk membantu, keduanya mengevakuasi 2 orang korban Dedi Raga Kadja dan Fredrik Lomi, kemudian mengevakuasi mereka ke perahu yang lebih besar milik warga Desa Loborui.

Perahu besar tersebut kembali ke tempat perahu terbalik untuk mengevakuasi perahu korban. Sedangkan Darson dan Teofilus langsung kembali ke pantai untuk mencari 2 orang yang berenang.

Darson juga menelpon Manto Nawa yang kebetulan berada di Pelabuhan Biu untuk membantu mencari kedua orang yang berenang. Manto mengajak beberapa temannya untuk mencari, tetapi perahu mereka kandas karena air surut. Manto pun menyusuri pantai.

Saat itu, ia menemukan kedua nelayan tersebut sedang berjalan dan sudah tiba di Pantai Biu. Keduanya kemudian dibawa ke rumah Ba`i Koro Lulu di Pelabuhan Biu-Sabu Timur. "Para korban adalah nelayan pemancing yang perahunya terbalik," ujarnya.

FOLLOW US