• Nusa Tenggara Timur

Polsek Wolowaru Berkomitmen Dukung Penanganan Stunting

Imanuel Lodja | Sabtu, 24/02/2024 11:40 WIB
Polsek Wolowaru Berkomitmen Dukung Penanganan Stunting Camat Wolojita, Adrianus Yosafat Dasi Muda saat membuka lokakarya mini lintas sektoral bidang kesehatan, Kamis (22/2/2024).

KATANTT.COM--Jajaran kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende menggelar lokakarya mini lintas sektoral bidang kesehatan, Kamis (22/2/2024). Lokakarya dibuka Camat Wolojita, Adrianus Yosafat Dasi Muda dihadiri Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku, Babinsa, Sekcam Wolojita, Kepala Puskesmas Wolojita, para kepala desa dan para undangan.

Camat Wolojita, Adrianus Yosafat Dasi Muda mengapresiasi para petugas KPPS hingga PPK maupun petugas TNI/Polri yang telah bekerjasama dalam kegiatan Pemilu tahun 2024 di Kecamatan Wolojita sehingga kotak surat suara dapat dikembalikan ke gudang logistik KPU Kabupaten Ende dan situasi kamtibmas berjalan aman dan lancar.

Ia berharap Rencana Tindak Lanjut (RTL) dapat terukur kedepannya sehingga rencana kegiatan dapat berjalan lancar. Ia juga minta peran aktif perangkat desa baik kepala desa maupun staf desa agar dapat melibatkan diri di bidang kesehatan seperti kegiatan Posyandu maupun kegiatan kesehatan lainnya yang dilakukan di desa-desa.

Kurangnya peran aktif kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan belum bekerja secara optimal karena kurang menggalang komitmen bersama juga menjadi sorotan Camat Wolojita. Ia berharap agar kedepannya ada perubahan di bidang kesehatan di Kecamatan Wolojita menjadi lebih baik lagi.

Lokakarya dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan bukan hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan atau Puskesmas semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak.

"Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat," katanya.

Lokakarya mini lintas sektor Puskesmas merupakan ruang membangun komitmen, menyatukan misi di tingkat pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai institusi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Minilokakarya puskesmas ini sebagai implementasi terhadap amanat permenkes tentang manajemen puskesmas serta sebagai bentuk dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan di wilayahnya.

Lokakarya mini sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri.

Dengan lokakarya lintas sektor ini diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Lokakarya tribulan lintas sektoral dalam rangka mengkaji hasil kegiatan kerjasama lintas sektoral dan tersusunnya rencana kerja di tribulan berikutnya.

Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA, pembangunan rumah posyandu. sosialisasi terkait kasus gigitan anjing, pelatihan petugas UKS dan dokter kecil serta kegiatan Keset di sekolah.

Kapolsek Wolowaru Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku berharap lokakarya ini semakin memperkuat implementasi komitmen dan tanggung jawab dari seluruh stakeholder.

Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku mengapresiasi dan penghargaan atas penyelenggaraan pesta demokrasi di Kecamatan Wolojita berjalan aman dan lancar. Kapolsek juga menyampaikan bahwa Polri menaruh perhatian serius terhadap anak stunting dengan program gerakan orang tua anak stunting.

Selama ini pendampingan stunting oleh Polri sudah berjalan yakni pemberian makanan tambahan dan pendampingan sehingga anak-anak bisa pulih kembali sesuai dengan kondisi ideal berdasarkan standar kesehatan.

FOLLOW US