• Nusa Tenggara Timur

Minggu Kasih Jadi Moment Kapolsek Wolowaru Berikan Pesan Kamtibmas

Imanuel Lodja | Senin, 20/05/2024 09:57 WIB
Minggu Kasih Jadi Moment Kapolsek Wolowaru Berikan Pesan Kamtibmas Kapolsek Wolowaru, Polres Ende, Ipda Ubaldus Maku terus memanfaatkan berbagai moment untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Wolowaru.

KATANTT.COM--Kapolsek Wolowaru, Polres Ende, Ipda Ubaldus Maku terus memanfaatkan berbagai moment untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Wolowaru.

Ibadah dan kebaktian hari minggu menjadi salah satu moment Kapolsek menyampaikan pesan Kamtibmas kepada umat Kristen usai beribadah.

Dalam kegiatan Minggu Kasih pada Minggu (19/5/2024), Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku berkesempatan memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada umat Kapela Stasi Santo Paulus Detu Bu, Desa Nuamuri Barat.

Misa dipimpin Pastor Paroki Moni Romo Yos Liwu, Pr dan dihadiri oleh umat Stasi Detu Bu Desa Nuamuri Barat. Sementara Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku didampingi oleh Kanit Binmas Polsek Wolowaru, Aipda Yan Bon Balan

Setelah kegiatan misa, Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Kepada umat yang hadir, Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku menjelaskan kalau kegiatan Minggu Kasih ini bertujuan mendekatkan diri dengan umat, dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada umat yang hadir.

Ia meminta dukungan dari seluruh umat yang ada di wilayah Stasi Detu Bu Desa Nuamuri Barat untuk menjaga situasi Kamtibmas yang sampai dengan saat ini berjalan aman dan kondusif.

Ia juga menyampaikan pula soal data gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Wolowaru selama bulan Januari hingga awal Mei 2024 terjadi beberapa kejahatan maupun gangguan Kamtibmas.

"Gangguan Kamtibmas ini didominasi oleh kejahatan konvensional seperti penganiayaan, penyerobotan tanah, pencurian, perkelahian antar pelajar serta beberapa gangguan lainnya," jelas Ubaldus Maku.

Namun ada pula kejadian menonjol seperti KDRT, kekerasan seksual, pencabulan dan pemerkosaan. Disebutkan pula kalau beberapa waktu lalu adanya pemagaran jalan, walaupun persoalan ini sudah selesai, namun menjadi pekerjaan rumah semua pihak sehingga diperlukan kasih sebagai spirit yang sama.

Hal ini sesuai dengan pesan injil dimana ada sembilan pesan Paulus kepada umat manusia yakni Roh Kasih, Roh Sukacita, Roh Damai Sejahtera, Roh Kesabaran, Roh Penguasaan Diri, Roh Kebaikan, Roh Lemah Lembut, Roh Kemurahan dan Roh Kesetiaan. "Pesan moral inilah yang harus kita resapi dalam kehidupan kita sehari-hari," ujarnya.

Ia mengajak umat untuk bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif mulai dari lingkungan keluarga dengan tidak melakukan tindak pidana maupun pelanggaran.

Selain kitu, patroli, sambang, himbauan dan sosialisasi akan terus dilakukan untuk memastikan terjaminnya keamanan dan ketertiban masyarakat.

FOLLOW US