• Nusa Tenggara Timur

Begini Pesan Kapolsek Alak untuk Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Jelang Pencoblosan

Imanuel Lodja | Sabtu, 10/02/2024 09:56 WIB
 Begini Pesan Kapolsek Alak untuk Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Jelang Pencoblosan Kapolsek Alak, Kompol Edy bersama Camat Alak, Yulianus Wilem Pally saat mengikuti Apel Kesiapan Linmas di Lapangan Sambura Penkase Oeleta, Jumat (9/2/2024) pagi.

KATANTT.COM--Dukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang aman dan tertib, Polsek Alak bersama Pemerintah Kecamatan Alak, melaksanakan apel kesiapan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Apel ini dilangsungkan di Lapangan Sambura Penkase Oeleta, Jumat (9/2/2024) pagi dihadiri Camat Alak, Yulianus Wilem Pally, Kanit Binmas Polsek Alak, Ipda Munsyidin Lazula, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Alak, Yustus Lona, lurah se-Kecamatan Alak, Bhabinkamtibmas Polsek Alak, dan para Linmas se-Kecamatan Alak.

Kapolsek Alak, Kompol Edy menyampaikan beberapa penekanan terkait tugas, fungsi dan peranan Linmas, saat melaksanakan tugas pengamanan di TPS bersama Polri.

“Rekan-rekan Linmas harus ketahui, bahwa keberadaan rekan-rekan sekalian bukan merupakan gerombolan, bukan merupakan kelompok preman, namun rekan-rekan sekalian yang direkrut menjadi Linmas ini, dilindungi oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum,” jelas Kapolsek Alak, Kompol Edy.

Orang nomor satu di Polsek Alak ini mengingatkan agar dalam pelaksanaan tugas nantinya perlu mempedomani beberapa hal bahwa petugas Linmas harus netral, yang artinya tidak boleh memihak.

"Dengan kata lain pada saat menjalankan tugas di TPS rekan-rekan bukanlah tim sukses ataupun sebagai pendukung dari salah satu kandidat calon, melainkan rekan-rekan merupakan alat negara untuk membantu terselenggaranya Pemilu yang aman dan tertib hingga akhir selesai," tegas Kapolsek Alak, Kompol Edy.

Ia mengingatkan bahwa pada saat pelaksanaan tugas di TPS, petugas Linmas harus humanis, senyum sapa salam dalam melayani warga yang akan melakukan pencoblosan.

“Tugas rekan-rekan harus melindungi dan melayani warga yang akan datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan, sehingga warga merasa aman, nyaman dan tidak merasa terintimidasi,” tandasnya.

Dihadapan 400 orang Linmas yang hadir, mantan Kasat Reskrim Polres Kupang ini juga minta agar semua pihak menjaga situasi keamanan menjelang, saat dan pasca Pemilu.

Kapolsek Alak Kompol Edy menjelaskan bahwa apel kesiapan Linmas dan simulasi pengamanan TPS tingkat Kecamatan Alak dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan anggota Linmas dalam menghadapi hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Apel Linmas ini untuk memastikan kesiapan para Linmas dalam menghadapi Pemilu 2024, dan mensosialisasikan terkait tugas dan tanggung jawab anggota Linmas pada saat melaksanakan tugas di TPS,” jelasnya.

Camat Alak Yulianus Wilem Pally, sebagai pimpinan apel, mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta apel, dalam rangka menyatukan persepsi terkait pengamanan dalam pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Atas nama pemerintah, saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sekalian, karena pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan apel, dalam rangka menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Pemilu damai 2024,” kata Camat Alak Yulianus Wilem Pally.

Dengan adanya apel akbar ini, Linmas telah menyatakan kesiapannya untuk ikut menyukseskan Pemilu damai 2024. Diharapkan semua harus bekerjasama, dan harus semangat dalam menjalankan tugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Rekan-rekan Linmas harus betul-betul fokus, dalam menjalankan tugas di TPS, dan hal ini memerlukan keseriusan dan konsentrasi penuh untuk menjalankan tugas ini. Saya harapkan dengan perpaduan kerjasama kita ini dengan semua unsur, kita dapat menyelenggarakan pesta demokrasi ini hingga tahapan Pemilu 2024 selesai,” ungkapnya.

Apel bagi para Linmas tersebut mendapat apresiasi dari para lurah, yang menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi anggota Linmas, mengingat sebagian besar dari anggota Linmas yang direkrut, merupakan anggota Linmas baru, atau baru pertama mendapat tugas sebagai Linmas di TPS.

Sebelum melaksanakan apel Linmas, Kapolsek Alak dan Ketua PPK Alak telah melakukan kunjungan kerja ke 12 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Alak, dalam rangka sosialisasi dan koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024.

Selanjutnya, dilakukan simulasi pengamanan TPS, dalam mempersiapkan anggota Linmas, apabila terjadi kericuhan saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu berlangsung di TPS serta anggota Linmas bisa memahami perannya.

FOLLOW US