• Nusa Tenggara Timur

Langsung Dievakuasi, Dua WNA Asal Swedia yang Berkemah di Lereng Gunung Lewotobi

Imanuel Lodja | Kamis, 18/01/2024 22:26 WIB
Langsung Dievakuasi, Dua WNA Asal Swedia yang Berkemah di Lereng Gunung Lewotobi Dua WNA asal Swedia saat ditemukan Tim SAR gabungan di Gunung Lewotobi Laki-laki dan langsung dievakuasi.

KATANTT.COM--Dua Warga Negara Asing (WNA) asal negara Swedia, Hening (38) dan Alex (34) nekad berkemah di lereng Gunung Lewotobi laki-laki. Gunung berapi yang terletak di Kabupaten Flores Timur, sedang erupsi sehingga ribuan warga harus menjauh dan mengungsi.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas bersama PMI Sikka dan BPBD menemukan kedua orang WNA ini pada Rabu (17/1/2024). Hening dan Alex ditemukan oleh anggota Basarnas saat melakukan patroli malam di daerah yang masuk dalam zona bahaya erupsi Gunung Lewotobi.

Dua warga asing asal Swedia itu mendirikan tenda kemah berjarak 500 meter dari ujung lava panas yang saat itu sedang aktif mengalir ke arah Desa Nurabelen, Kecataman Ile Bura, Kabupaten Flores Timur

Petugas Basarnas yang tiba dilokasi langsung mengevakuasi kedua WNA itu untuk segera meninggalkan lokasi tersebut. Pihak Basarnas juga membantu mengemas peralatan dan mengawal keduanya hingga keluar dari zona bahaya.

"Kebetulan salah satu dari dua orang WNA itu bisa berbahasa Indonesia jadi kami langsung mengarahkan mereka untuk segera berkemas dan meninggalkan lokasi tersebut," ujar Komandan Tim Basarnas Maumere, Rizwan Dwi Putra, Kamis (18/1/2024).

Rizwan mengatakan, kemah yang didirikan oleh dua warga asing asal Swedia itu masuk dalam zona bahaya atau dilarang beraktivitas karena masuk dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi yang berpotensi terkena aliran lava panas dan panas awan panas gugur (APG).

"Jarak antara tenda dan ujung aliran lahar panas itu sangat dekat sekali, sekitara lima ratusan meter saja dan Itu sangat berbahaya untuk mereka," katany seraya menambahkan jedua warga asal Swedia ini sudah dipulangkan menuju Maumere, Kabupaten Sikka.

FOLLOW US