• Nusa Tenggara Timur

Waspada! Empat Lubang di Gunung Lewotobi Keluarkan Abu Vulkanik

Imanuel Lodja | Jum'at, 12/01/2024 10:22 WIB
Waspada! Empat Lubang di Gunung Lewotobi Keluarkan Abu Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki empat lubang baru yang juga ikut mengeluarkan abu vulkanik.

KATANTT.COM--Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki empat lubang baru yang juga ikut mengeluarkan abu vulkanik. Dengan adanya empat lubang baru, Gunung Lewotobi kini memiliki lima lubang yang terus mengeluarkan gas vulkanik.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki Herman Yosep mengatakan, lubang baru tersebut merupakan rekahan yang muncul diakibatkan aktivitas vulkanik.

"Pernah ada letusan muncul dari kawah utama, sekitar tanggal 23 Desember lalu, muncul letusan juga dari rekahan baru," jelasnya, Jumat (12/1/2024)).

Fenomena itu, tandasnya disebabkan tekanan besar dalam tubuh gunung api, membuat asap keluar lewat celah yang lemah. Hingga saat ini status Gunung Lewotobi Laki-Laki sudah level IV (Awas).

Petugas Pos Pemantauan Gunung Lewotobi Laki-Laki, Robby Lamanepa mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya soal peningkatan Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Warga juga diharapkan tetap tenang dan tidak beraktivitas dengan radius 3-4 kilometer dari pusat Gunung Lewotobi Laki-Laki, maupun Gunung Lewotobi Perempuan.

FOLLOW US