• Nusa Tenggara Timur

Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi, Polda NTT Kirim 161 Personil ke Flotim

Imanuel Lodja | Sabtu, 06/01/2024 19:14 WIB
Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi, Polda NTT Kirim 161 Personil ke Flotim Sebanyak 161 orang personel Polda NTT diberangkatkan ke Kabupaten Flores Timur guna membantu menangani dampak erupsi Gunung Lewotobi.

KATANTT.COM--Sebanyak 161 orang personel Polda NTT diberangkatkan ke Kabupaten Flores Timur guna membantu menangani dampak erupsi Gunung Lewotobi. Tambahan personel Polda NTT untuk melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) di Flores Timur.

Sebanyak 161 personel ini akan ditempatkan di wilayah tersebut, terdiri dari Ditpolairud 20 personel, Dit Samapta 98 personel, Sat Brimob 37 personel, Biddokkes 4 personel, dan Bid TIK 2 personel.

Mereka mengikuti operasi kontijensi aman nusa II dalam rangka penanggulangan erupsi Gunung Lewotobi laki-laki di Kabupaten Flores Timur sejak 5 Januari hingga 14 Januari 2024`.

Selain mengirim personil, Polda NTT juga mengirim berbagai jenis kendaraan seperti AWC, mobil Rantis, mobil box, Water Gem, mobil D Max, dan kendaraan roda dua trail, yang akan mendukung mobilitas dan penanganan darurat di lapangan.

Peralatan esensial juga turut dibawa untuk memastikan penanganan bencana dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Awi Setiyono dan Karoops Polda NTT, Kombes Pol Deonijiu De Fatima melepas keberangkatan personil ini di Pelabuhan ASDP Bolok, Kabupaten Kupang.
Wakapolda dan Karo Ops Polda NTT memberikan semangat dan motivasi kepada personel yang terlibat dalam BKO Flores Timur.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy menjelaskan bahwa penambahan personel dan peralatan ini diharapkan dapat memberikan bantuan signifikan dalam menangani situasi darurat akibat erupsi Gunung Lewotobi.

"Kegiatan ini mencerminkan kesiapan kepolisian untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat bencana, sebagai bukti nyata dari komitmen mereka untuk membantu proses pemulihan dan membantu masyarakat Flores Timur bangkit dari keterpurukan," ujar Kombes Pol. Ariasandy.

Kapolres Flores Timur, AKBP I Nyoman Putra Sandita mengaku kalau saat ini masyarakat tetap diminta waspada dan tidak panik.

"Abu vulkaniknya ke arah barat (Maumere), Kabupaten Sikka," ujar Kapolres Flores Timur," AKBP I Nyoman Putra Sandita, Jumat (5/1/2024).

FOLLOW US