• Nusa Tenggara Timur

Lakalantas Maut di Jalan Frans Seda Telan Korban Jiwa, Diduga Sopir Truk Mabuk

Imanuel Lodja | Sabtu, 23/12/2023 08:55 WIB
 Lakalantas Maut di Jalan Frans Seda Telan Korban Jiwa, Diduga Sopir Truk Mabuk ilustrasi_lakalantas

KATANTT.COM--
Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi lagi di wilayah Kota Kupang, Jumat (22/12/2023) petang. Kecelakaan melibatkan mobil truk PT Teon Jaya nomor polisi DH 9231 AH yang dikemudikan Semy Lay.

Ia membawa puluhan rekannya yang merupakan karyawan PT Teon Jaya yang mengerjakan jaringan listrik di daratan Timor.

Ada 21 orang penumpang dalam truk tersebut yang baru pulang dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Diduga sopir truk mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk minuman keras. di atas truk ditemukan minuman keras jenis sopi/moke merah yang dikonsumsi puluhan pria ini.

Kasat Lantas Polresta Kupang Kota, Kompol Imanuel Zacharias yang dikonfirmasi Jumat (22/12/2023) malam membenarkan kejadian ini. "Kecelakaan lalu lintas tunggal dan sopir kondisi alam pengaruh mabuk miras," ujarnya.

Kecelakaan lalu lintas tunggal ini terjadi di Jalan Frans Seda depan gedung keuangan Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Sebelum kejadian, truk melaju dari arah Bundaran Tirosa Kupang menuju ke arah Bundaran Fatululi. Saat tiba di lokasi kejadian di depan gedung Keuangan, sopir kendaraan hendak melambung kanan mobil yang berada di depan.

Namun karena ruang gerak sempit sehingga pengemudi memutar setir ke arah kiri sampai roda kiri turun ke bahu jalan. Pengemudi/sopir kembali memutar setir ke arah kanan sampai mobil hendak menabrak beton pinggir jalan.

Selanjutnya pengemudi kembali memutar setir ke arah kiri lagi yang mengakibatkan mobil hilang kendali dan langsung jatuh terbalik sebanyak dua kali hingga posisi mobil kembali berdiri normal melintang di tengah jalan.

Ke-21 penumpang pun terseret ke badan jalan dan mengalami luka parah. Mereka pun dalam keadaan mabuk miras. Dari kejadian tersebut mengakibatkan 1 orang penumpang, Dominikus Boymau (31) asal Kabupaten TTS meninggal dunia.

Sedangkan 20 orang penumpang lainnya mengalami luka-luka serius dan sementara dirawat di RSUD SK Lerik Kota Kupang dan Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Kendaraan pun mengalami kerusakan material. Korban meninggal dunia juga dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Kupang untuk visum dan diserahkan ke pihak keluarga.

Polisi dari unit laka Satlantas Polresta Kupang Kota kemudian ke lokasi kejadian melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengamankan barang bukti truk ke kantor Satlantas Polresta Kupang Kota.

Polisi juga meminta keterangan dari sopir dan para penumpang. Mereka belum diperiksa intensif karena masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Para korban yang juga penumpang truk merupakan karyawan PT Teon Jaya yang merupakan pekerja jaringan listrik di daratan Timor, NTT," tambah mantan Kasat Lantas Polres Manggarai Polda NTT ini.

 

 

FOLLOW US