• Nusa Tenggara Timur

Tinggalkan Catatan untuk Orang Tua, Mahasiswa Undana Kupang Tewas Gantung Diri

Imanuel Lodja | Selasa, 19/12/2023 08:35 WIB
Tinggalkan Catatan untuk Orang Tua, Mahasiswa Undana Kupang Tewas Gantung Diri Jenazah IMBDS, mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ditemukan tewas dengan posisi gantung diri saat dievakuasi, Senin (18/12/2023) siang.

KATANTT.COM--IMBDS (26), mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ditemukan tewas dengan posisi gantung diri, Senin (18/12/2023) siang. Korban ditemukan tewas gantung diri di rumah lama di RT 27/RW 06, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Rumah tempat korban ditemukan tewas gantung diri merupakan rumah lama di sekitar puri lontar Oebufu yang sudah tiga tahun kosong atau sejak tahun 2020 dibiarkan tanpa penghuni.
Korban merupakan salah satu wisudawan Undana yang sedianya akan diwisuda pada Senin (18/12/2023) siang atau sesi II pada pukul 12.00 wita.

Diperoleh informasi kalau korban dan salah seorang sepupunya sama-sama akan diwisuda di Undana pada sesi II. Korban ditugaskan menjemput sepupunya di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo.

Sementara ibu korban menjemput ibu sepupu korban lebih awal di Kelurahan Kayu Putih dan korban akan menyusul bersama sepupunya yang juga diwisuda.

Dua jam sebelum waktu wisuda tiba atau sekitar pukul 10.00 wita, Dany L yang juga kakak ipar korban yang baru dari rumah korban melintas di depan rumah lama.

Saat itu Dany hendak mengantar istrinya yang juga kakak korban ke tempat kerja. Saat melewati rumah lama milik orang tua korban, Dany melihat pintu gerbang sementara terbuka.

Dany heran dan berhenti karena selama ini rumah itu sudah tidak dihuni dari tahun 2020. Dany mencoba masuk ke halaman rumah dan melihat ada sepeda motor milik korban yang terparkir di teras rumah lama.

Saat bersamaan, orang tua dan kerabat korban melintas di rumah lama tersebut. Dany meminta mereka datang ke rumah lama tersebut dan mereka memeriksa keadaan rumah tersebut secara bersama-sama.

Dany mencoba membuka pintu dari garasi rumah dan Marice N membantu membuka pintu dari ruang tamu. Marice kaget karena melihat korban tergantung di ruang tamu dengan posisi leher terlilit tali.

Marice memanggil Dany dan orang tua korban untuk membuka pintu serta memberikan pertolongan dan bantuan. Namun korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Di lokasi kejadian ditemukan beberapa catatan yang ditinggalkan korban dan diperuntukkan kepada orang tua korban, kakak dan pacar korban.  Juga ditemukan 1 buah buku kecil dan pensil di tempat tidur korban gantung diri.

Informasi lain menyebutkan kalau pada Senin (18/12/2023) pagi sekitar pukul 09.00 wita, korban pamit dari rumah dan hendak ke rumah tante nya di kelurahan Kayu Putih untuk persiapan dengan kerabatnya nya yang juga akan diwisuda di kampus Undana Kupang.

Mereka merencanakan akan berangkat bersama ke tempat wisuda di auditorium Undana Penfui Kupang. Rupanya korban tidak ke rumah tantenya di Kelurahan Kayu Putih.

Korban malah ke rumah lama yang kosong sejak tahun 2020 lalu dan mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Diduga korban ada persoalan lain sehingga gantung diri beberapa jam sebelum diwisuda.

Atas permintaan orang tua, korban sempat dibawa ke rumah sakit untuk visum. Anggota Polsek Oebobo dan identifikasi Polresta Kupang Kota ke lokasj kejadian melakukan identifikasi dan olah TKP.

Polisi juga meminta keterangan dari sejumlah pihak yang mengetahui peristiwa ini. Kapolsek Oebobo AKP Ricky Dally, SH, yang dikonfirmasi Senin siang membenarkan kejadian ini.

FOLLOW US