• Nusa Tenggara Timur

Genset Meledak, Lantai 2 Toko Emas Sahabat di LLBK Terbakar

Imanuel Lodja | Selasa, 28/11/2023 08:00 WIB
 Genset Meledak, Lantai 2 Toko Emas Sahabat di LLBK Terbakar Sejumlah anggota TNI AD dan anggota Polsek Kelapa Lima turun ke lokasi kToko Emas Sahabat di LLBK yang terbakar, Senin (27/11/2023).

KATANTT.COM--Kebakaran melanda lantai 2 Toko Emas Sahabat di Jalan Ikan Paus, Kelurahan Lahi Lai Besi Kopan (LLBK), Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Senin (27/11/2023).

Kebakaran dipicu meledaknya genset 11000 watt jenis Starke GFH12900LXE yang mengakibatkan terjadinya ledakan dan muncul api yang merembet ke atap gedung lantai 2.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai belasan juta rupiah. Toko ini merupakan milik Candra (38) yang sehari-hari menjual aneka perhiasan emas.

Pada Senin (27/11/2023) petang sekitar pukul 17.30 wita, Petrus Soinbala (31) mengisi BBM jenis Pertamax di tangki genset yang berada di lantai 2 toko Sahabat hingga penuh.

Kemudian Petrus menyalakan genset. Selang beberapa saat, genset tiba-tiba meledak dan membakar sebagian tripleks bekas yang berada di dekat genset.

Saat bersamaan, Candra dan sebagian karyawan sedang berada di lantai bawah toko. Korban mendengar bunyi ledakan dari lantai 2 toko. Korban langsung mengecek dan melihat genset dalam keadaan menyala serta mengeluarkan asap hitam.

Korban langsung meminta pertolongan serta mengambil air untuk memadamkan api karena api sudah membesar dan telah membakar sebagian tripleks bekas yang berada dekat genset.

Aparat kepolisian dari Polsek Kelapa Lima dipimpin Ka SPKT 2, Aipda Pius Riwu tiba di lokasi bersama dua unit mobil dan petugas pemadam kebakaran. Ada pula satu unit tangki air yang membantu melakukan pemadaman api. Bersamaan dengan pihak PLN memadamkan listrik di sekitar kawasan tersebut.

Satu jam kemudian api berhasil dipadamkan selanjutnya pihak pemadam kebakaran serta aparat kepolisian meninggalkan TKP.

"Dari kejadian kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa. Hanya kerugian material berupa 1 unit genset 11000 watt STARKE GFH12900LXE dan 2 lembar tripleks bekas yang terbakar," jelas Kapolsek Kelapa Lima, AKP Jemmy O. Noke, SH saat dikonfirmasi, Senin (27/11/2023) malam.

Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek korsleting dari genset sehingga terjadi ledakan dan membakar beberapa tripleks bekas. Korban mengaku bahwa kerugian yang dialami dari dampak kebakaran genset tersebut berkisar Rp. 15.000.000.

 

FOLLOW US