• Nusa Tenggara Timur

Puluhan Atlet Taekwondo Asal TTS Keracunan Makanan Usai Konsumsi Ikan Tongkol

Imanuel Lodja | Selasa, 14/11/2023 21:36 WIB
Puluhan Atlet Taekwondo Asal TTS Keracunan Makanan Usai Konsumsi Ikan Tongkol Ilustrasi

KATANTT.COM--Puluhan atlet taekwondo asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT keracunan makanan pada Senin (13/11/2023).

Mereka baru selesai mengkonsumsi lauk ikan tongkol saat beristrahat di lokasi wisata kolam Oenaek, Desa Camplong II, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang. Mereka mengkonsumsi ikan yang dibeli di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Kapolres Kupang, AKBP Anak Agung Gde Wirata yang dikonfirmasi Selasa (14/11/2023) membenarkan kejadian ini. "Mereka keracunan setelah mengkonsumsi ikan tongkol," ujarnya.

Sebelumnya pada Senin (13/11/2023) sekitar pukul 11.30 Wita, kontingen Taekwondo asal Kabupaten TTS yang sudah selesai bertanding di GOR Oepoi Kupang akan kembali pulang ke Kabupaten TTS.

Akan tetapi sesampainya di Kelurahan Pasir Panjang Kota Kupang, seorang offisial Martinus Bili membeli beberapa ekor ikan besar yang sudah dibakar. Ia bermaksud untuk makan siang bersama dengan kontingen ketika pulang ke Kabupaten TTS.

Sekitar pukul 14.00 wita, kontingen tiba di tempat wisata Kolam Oenaek, Desa Camplong II, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang untuk istirahat makan siang. "Setelah mereka mengkonsumsi makanan tersebut, beberapa dari mereka masih mandi di kolam Oenaek," tambahnya.

Sekitar pukul 14.36 wita, ada seorang atlet yang mulai merasa kepala pusing, panas di telinga, mata merah dan mual-mual. Kemudian dilakukan pemeriksaan awal oleh para offisial.

Akan tetapi teman-teman nya yang lain juga mulai merasakan permasalahan yang sama. Atas kejadian tersebut, offisial melaporkan ke Polsek Fatuleu.

Anggota Piket Polsek Fatuleu segera membawa mereka ke RSUD Naibonat, Kabupaten Kupang. Mereka masih sempat dilakukan perawatan di RSUD Naibonat. "Dan setelah menjalani perawatan kemudian keadaan sudah membaik dan sudah diperbolehkan pulang pada malamnya," katanya.

Nama-nama Atlet Taekwondo TTS yang Keracunan:

1. Astry Renita Tefa
2. Bianka Meidin Imelda Nomleni
3. Mitreda Tein
4. Virga Aditya Tefa
5. Cheezy J. Tanesib
6. Alen Bora
7. Dicky AS Nomleni
8. Yani C. V. Benu
9. Nofriana Kiki Lakapu
10. Methy Shalyanti Faot
11. Putra Marthen Kuman
12. Noven Agripa Tein
13. Kandidus S. Banu
14. Claudia CF Mella
15. Martin AD Mella
16. Soelly Januarloth Kamlasi
17.Jefrianto S. Meo
18. Novalira Clareta Tefa
19.Mardion Tana
20. Vivi R. Tanesib
21. Rafael A. Oematan
22. Calista F. Benu

FOLLOW US