• Nusa Tenggara Timur

Pemkot Kupang Dukung Bank Mandiri Terapkan Livin Merchant di Pasar-pasar

Semy Andy Pah | Rabu, 20/09/2023 07:18 WIB
 Pemkot Kupang Dukung Bank Mandiri Terapkan Livin Merchant di Pasar-pasar Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay diwakili Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius Lega saat Launching Livin Merchant Bank Mandiri di Pasar Oebobo, Sabtu (16/9/2023).

KATANTT.COM--Demi mewujudkan digitalisasi pasar, Pemerintah Kota Kupang mendukung penuh program Bank Mandiri Cabang Kupang dalam menerapkan Livin Merchant pada sejumlah pasar di Kota Kupang.

Dukungan tersebut disampaikan oleh Penjabawat Wali Kota Kupang, Fahrensi Funay diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, saat Launching Livin Merchant Bank Mandiri di Pasar Oebobo, Sabtu (16/9/2023).

Livin Merchant merupakan aplikasi kasir yang diluncurkan oleh Bank Mandiri untuk membantu meningkatkan pelayanan kasir dari penjual ke pembeli, sekaligus mendorong meningkatnya transaksi digital lewat kanal QRIS. 

Ignasius Lega mengakui sejak berubah nama dari PD Pasar menjadi Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Kupang diberi keleluasaan untuk mengembangkan core bisnisnya dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk perbankan. Terima kasih disampaikannya kepada Bank Mandiri yang sudah menggagas program ini.

Ia berharap ke depan makin banyak perbankan yang mau menjalin kerja sama dengan Pemkot Kupang melalui PD Pasar untuk menciptakan terobosan-terobosan yang dapat membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Kupang.

Igansius optimis program Livin Merchant akan membawa manfaat bagi para pelaku UKM di Kota Kupang, karena itu perlu gencar dilakukan sosialisasi agar mereka makin familiar dan mulai digunakan sebagai metode transaksi.

Sementara Area Head Bank Mandiri NTT, Leonardo Guntur H Silitonga, menjelaskan Livin Merchant Bank Mandiri dapat menjadi solusi kasir digital bagi pelaku UKM. Saat ini tercatat sudah ada 13 ribu pengguna layanan ini di NTT.

"Lewat aplikasi ini tiap pedagang di pasar memiliki kasir digital yang memungkinkan mereka untuk memonitor barang apa saja yang dijual dan barang mana yang paling laku," katanya.

Aplikasi ini juga menurutnya membantu pelaku UKM untuk memiliki literasi keuangan dan tahu bagaimana mengelola keuangan sendiri.

Pernyataan senada disampaikan Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT, Daniel Agus Prasetyo, menekankan pentingnya konsistensi, inovasi dan sinergi (KIS) dalam memajukan UKM di Kota Kupang.

Launching Livin Merchant membuktikan konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung digitalisasi termasuk di pasar, lewat sistem pembayaran digital serta produk perbankan lainnya.

Terima kasih disampaikan kepada Bank Mandiri dengan inovasi Livin Merchant telah memudahkan pedagang untuk menganalisis pemasaran secara lebih cepat dan hemat. Ini juga sejalan dengan perjuangan Pemkot Kupang untuk mewujudkan Smart City.

Sedangkan Direktur Pemasaran Perumda Pasar Kota Kupang, Maxi Nomleni sangat mendukung penerapan Livin Merchant Bank Mandiri.

Maxi Nomleni berharap semua pedagang di semua pasar Kota Kupang bisa memanfaatkan aplikasi ini dan mau melakukan semua transaksi pembayaran secara digital.

Diakuinya sejak tahun 2021 lalu Bank Indonesia terus mendorong upaya digitalisasi pasar. Saat ini sudah ada 1672 merchant QRIS di 3 pasar yang dikelola Perumda Pasar Kota Kupang.

FOLLOW US