Gempa Bumi Guncang Lima Kabupaten di NTT

Imanuel Lodja | Kamis, 31/08/2023 19:18 WIB
Gempa Bumi Guncang Lima Kabupaten di NTT Petugas Basarnas sementara melihat lokasi gempa yang mengguncang lima kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara timur melalui layar monitor di Kantor Basarnas Kupang, Kamis (31/8/2023) malam.

KATANTT.COM--Gempa bumi melanda wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis (31/8/2023). Getaran dan dampak gempa terasa di lima kabupaten di wilayah NTT. Data dari kantor pencarian dan pertolongan Kupang menyebutkan kalau gempa terjadi pada pukul 18:29:29 wita dengan kekuatan magnitudo 6.1 SR.

Gempa terjadi di garis lintang 09.69 LS, garis bujur 124.10 BT dengan kedalaman 75 kilometer. Lokasi gempa terletak di 36 kilometer barat laut Timor Tengah Selatan-NTT, 41 kilometer timur laut Kabupaten Kupang-NTT. 61 kilometer barat daya Timor Tengah Utara-NTT dan 76 kilometer timur Laut Kupang-NTT. Diperoleh informasi kalau gempa tidak berpotensi tsunami.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang berkoordinasi dengan Kalak BPBP Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), anggota BPBD Kabupaten Timor Tengah Selatan, anggota BPBD Kabupaten Kupang, anggota BPBD Kota Kupang dan BPBD Rote Ndao.

Di Kabupaten Timor Tengah Utara, gempa dirasakan, tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Di Kabupaten Timor Tengah Selatan, gempa dirasakan, tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Di Kabupaten Kupang, sebagian wilayah terasa dan sebagian tidak terasa, tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Di Kota Kupang, gempa dirasakan, tidak ada laporan kerusakan dn korban jiwa. Sementara di Kabupaten Rote Ndao, gempa tidak dirasakan.

FOLLOW US