• Nusa Tenggara Timur

Festival Budaya Kelurahan Berikan Nilai Positif bagi Anak-anak Mengenal Budaya NTT

Semy Andy Pah | Senin, 28/08/2023 10:01 WIB
 Festival Budaya Kelurahan Berikan Nilai Positif bagi Anak-anak Mengenal Budaya NTT Plh. Sekda Kota Kupang, Frangky Amalo bersama warga menari Padoa saat menutup Festival Budaya Kelurahan Oepura Kecamatan Maulafa, Jumat (25/8/2023).

KATANTT.COM--Festival Budaya kelurahan yang digelar di 51 kelurahan se-Kota Kupang dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI telah memberikan banyak memberi banyak manfaat. Terutama menjadi ajang pengenalan budaya NTT kepada anak-anakdalam rangka menjaga dan melestarikan budaya daerah NTT.

"NTT sangat kaya akan aneka jenis kebudayaan. Budaya yang yang ditinggalkan nenek moyang selalu meninggalkan nilai-nilai positif, jadi anak-anak harus mengenal budaya NTT dan harus bisa," kata Plh. Sekda Kota Kupang, Frangky Amalo saat menutup Festival Budaya Kelurahan Oepura Kecamatan Maulafa, Jumat (25/8/2023).

Plh. Sekda Kota Kupang, Frangky Amalo juga mengapresiasi Kelurahan Oepura yang melaksanakan Lomba dan Pagelaran Seni Budaya dan UMKM yang dilaksanakan di lapangan bola voli Helong-Oepura.

"Sebagai Plh. Sekda mendukung keberlanjutan kegiatan tersebut untuk diadakan di tahun-tahun selanjutnya, harus lebih meriah lagi. Kegiatan ini sudah sangat meriah sekali dengan hadir anak-anak, orangtua sampai para lansia yang partispasi dalam ikut berbagai macam perlombaan dalam kegiatan event ini," tegasnya.

Sementara Ketua Panitia Lomba dan Pagelaran Seni Budaya dan UMKM, Tony Rona, menyebut kegiatan tersebut dilaksanakan 24 hingga 25 Agustus 2023.

Sejumlah lomba dilaksanakan dalam peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, diantaranya, lomba fashion show, tarik tambang, makan kerupuk, gigit sendok dan lomba membaca teks prokalamasi yang diikuti lebih dari 300 peserta dari warga dari 14 RW dan sekolah dasar di Kelurahan Oepura.

Selain lomba, peringatan kemerdekaan di Kelurahan Oepura juga di meriahkan Tarian Padoa yang diperagakan warga Kelurahan Oepura dan Tarian Lufut yang diperagakan murid SD Imanuel Oepura.

Sementara anggota DPRD Kota Kupang, Djuneidi Cornelis Kana, mengapresiasi kegiatan festival budaya dan UMKM yang dilaksanakan Pemerintah Kota Kupang dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI. "Kegiatan ini tentu akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan cinta tanah air antara sesama masyarakat di Kota Kupang,” ujarnya.

Djuneidi mengaku sangat siap mendukung program ini untuk dilaksanakan di tahun-tahun mendatang, pastinya pemerintah bersama DPRD akan siap mendukung kegiatan ini

"Tahun ini setiap kelurahan diberikan Rp15 juta untuk festival budaya yang meriah. Kalau ke depan postur anggaran kita cukup kita akan tambahkan sambil sama-sama pemerintah menyampaikan manfaat dari kegiatan ini. Nanti bersama-sama kita tetapkan anggarannya,” tutupnya.

FOLLOW US