• Nusa Tenggara Timur

Hampir Sepekan di Atas Tower Radio GMIT, Warga Asal Ngada Minta Dievakuasi

Imanuel Lodja | Senin, 14/08/2023 17:55 WIB
Hampir Sepekan di Atas Tower Radio GMIT, Warga Asal Ngada Minta Dievakuasi Salah satu anggota Basarnas sementara bersusah payah mengevakuasi Agus Woro alias Agus Tower dari atas tower radio setinggi 65 meter milik Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Kupang, Senin (14/8/2023).

KATANTT.COM--Setelah hampir sepekan berada di atas tower radio setinggi 65 meter milik Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Agus Woro alias Agus Tower di Kupang minta dievakuasi, Senin (14/8/2023).

Mendapatkan informasi terkait surat kaleng yang dijatuhkan Agus dari atas tower untuk diturunkan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang (Basarnas) langsung ke lokasi untuk mengevakuasinya.

Dua orang anggota Basarnas yang sudah dilengkapi peralatan safety, dengan sigap langsung memanjat tower untuk menyelematkan Agus. Kurang lebih satu jam, Agus pun turun dikawal anggota Basarnas.

Kepala Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Muhdar menjelaskan, Agus Woro memanjat tower radio GMIT sejak Selasa (8/8/2023) siang.

Menurutnya, saat itu Agus membawa sebuah tas, kamera, spanduk, sejumlah kayu sebagai tempat duduk, serta bendera merah putih yang kemudian diikat di puncak tower radio.

"Hari Selasa jam 18.00 Wita, kita terima informasi itu kita langsung aksi tapi beliaunya tetap tidak mau turun, sehingga kami putuskan untuk memantau saja selama empat hari. Kemarin siang kita mendapatkan surat dari korban sendiri yang meminta kita untuk adakan evakuasi," jelas Muhdar.

Menurutnya, apapun yang melatarbelakangi aksi Agus, pihaknya tetap membantu dan bertanggungjawab untuk mengevakuasinya dengan selamat.  "Kita sebagai Basarnas tentunya tetap menolong pada hari ini jam 8.00 wita kita mulai persiapan sampai dengan proses kita evakuasi dan selesai pada jam 10.00 wita," ungkap Muhdar.

Setelah berhasil diturunkan dari atas puncak tower, Agus langsung dievakuasi ke klinik Polresta Kupang Kota untuk diperiksa kesehatannya oleh tim medis. Warga sekitar berdatangan untuk menyaksikan aksi nekat Agus.

Tuntunan utama Agus Tower adalah, ingin difasilitasi bertemu Presiden Joko Widodo dan mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di istana negara.

Agus Woro sudah sering melakukan aksi naik tower atau papan reklame di berbagai daerah seperti, sutet di Jakarta, Surabaya, tower di Kabupaten Ngada dan papan reklame di Kota Kupang, dengan tuntutan yang berbeda-beda.

FOLLOW US