• Nusa Tenggara Timur

Sasar Pelajar, KPP Pratama Kupang Gelar Patur di SMA Negeri 3 Kupang

Semy Andy Pah | Minggu, 30/07/2023 17:52 WIB
Sasar Pelajar, KPP Pratama Kupang Gelar Patur di SMA Negeri 3 Kupang Fungsional Asisten Penyuluh Pajak Terampil KPP Pratama Kupang, Joshua Deno Christwen Harefa saat tampil sebagai salh satu pemateri pada acara Pajak Bertutur (Patur) yang digelar KK{ Pratama Kupang bersama siswa-siswi SMAN 3 Kupang, Kamis (27/7/2023).

KATANTT.COM--Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menggelar kegiatan Pajak Bertutur (Patur) bersama siswa-siswi SMAN 3 Kupang. Acara yang bertemaSehari Bertemu, Selamanya Bangga tersebut disaksikan oleh kurang lebih 100 perwakilan siswa-siswi dari SMAN 3 Kupang, Kamis (27/7/2023)..

Kepala SMAN 3 Kupang, Ishak Daniel Elias Balbesi saat membuka kegiatan ini mengatakan betapa pentingnya generasi muda yang sadar akan pajak sehingga dapat membangun negara Indonesia secara berkelanjutan.

"Contoh hasil dari pajak yang bisa kami rasakan adalah melalui program Kartu Indonesia Pintar dan beasiswa bagi pelajar. Harapannya melalui kegiatan ini siswa-siswi SMAN 3 Kupang mendapatkan pengetahuan baru dan sudut pandang baru mengenai perpajakan,” jelas Ishak.

Sementara Kepala KPP Pratama Kupang Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi menyatakan dalam program edukasi perpajakan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tidak hanya menargetkan untuk menjangkau para Wajib Pajak yang sudah terdaftar, namun juga calon Wajib Pajak di masa depan.

“Dalam rangka mewujudkan generasi sadar pajak, DJP telah menyajikan program edukasi perpajakan untuk generasi muda melalui pendidikan inklusi kesadaran pajak," kata Ayu.

Menurutnya, inklusi kesadaran pajak tersebut dilakukan secara terintegrasi dan terinternalisasi dalam suatu bagian dari media atau kegiatan lain yang dilaksanakan oleh pihak ketiga . Ayu mengungkapkan, kegiatan Pajak Bertutur ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan serentak oleh DJP di seluruh Indonesia. 

"Kami bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan untuk melakukan kegiatan Pajak Bertutur ini. Tujuannya adalah mewujudkan generasi muda yang cerdas dan sadar pajak, karena mereka adalah calon Wajib Pajak di masa yang akan datang,” kata Ayu.

Salah satu pemateri Joshua Deno Christwen Harefa selaku Fungsional Asisten Penyuluh Pajak Terampil KPP Pratama Kupang yang membawakan materi mengenai Pengenalan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Perpajakan menjelaskan betapa pentingnya peran APBN yang menjadi shock absorber perekonomian Indonesia dalam menghadapi Pandemi Covid -19 tahun 2021 dan gejolak geopolitik di Benua Eropa pada Tahun 2022.

Hal ini jelas Joshua, dibuktikan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun 2023 meningkat 5,03% meskipun ekonomi global melambat. Joshua mengilustrasikan APBN sebagai dompet pemerintah, dalam hal ini pusat pemerintah, yang di dalamnya terdapat pendapatan, belanja, dan pembiayaan. 

Joshua juga mengajak para siswa sebagai generasi muda yang akan memimpin masa depan Indonesia untuk memulai dari hal yang sederhana, seperti membekukan tata tertib sekolah, mengikuti upacara, menjaga nama baik diri dan sekolah, serta giat belajar dan berlomba meraih prestasi sebagai tujuan utama mereka saat ini.

Melalui kegiatan tersebut dilaksanakan juga games berkelompok untuk meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa-siswi peserta Patur 2023 , seluruh peserta sangat aktif dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan Patur 2023 juga mendapat apresiasi dari para siswa. satu siswa SMAN 3 Kupang.

Pihak KPP Pratama Kupang kemudian mengajak para siswa untuk menjadi pahlawan negeri dengan menjadi generasi muda yang sadar pajaksejak dini, sehingga nantinya mereka dapat menjadi Wajib Pajak yang patuh demi pembangunan negara Indonesia.

FOLLOW US