• Nusa Tenggara Timur

NTT dapat Quota 8 Taruna Akademi Kepolisian

Imanuel Lodja | Rabu, 26/07/2023 13:36 WIB
NTT dapat Quota 8 Taruna Akademi Kepolisian Inilah 8 calon taruna Akpol asal Panda Polda NTT

KATANTT.COM--Proses dan tahapan rekrutmen taruna dan taruni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2023 sudah selesai. Akhir dari seluruh rangkaian dan tahapan ini ditandai dengan sidang akhir penentuan kelulusan tingkat panitia pusat (Panpus) pada Senin (24/7/2023).

Sidang Akhir Rekrutmen Akpol dilaksanakan di Auditorium Cendikia Akpol, Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Sebanyak 300 orang lolos menjadi taruna dan taruni pada Seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) 2023. Hasil ini diumumkan secara terbuka dan bisa diakses melalui siaran langsung.

Berdasarkan data dari bidang Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri, 300 peserta seleksi yang lolos terdiri dari 265 taruna dan 35 taruni.

NTT sendiri mendapatkan quota 8 orang Taruna Akpol terdiri dari 7 orang pria dan satu orang wanita. "Masuk 6 orang dan quota rekpro (Rekrutmen Proaktif) 2 orang. Jadi 8 (orang)," ujar Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Satrya Yusada, SIK didampingi Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT, AKBP Sajimin, SIK MH saat dikonfirmasi Rabu (26/7/2023).

Para taruna dan taruni Akpol asal NTT masing-masing Chestyana Veolin Amalo, Muhamad Irfan Hidayat, Pravastara Rampuh Bentar Ginantaka, Alpini Philipus Prima Daketi. Selanjutnya Farhan Rudiansyah dan Alki Rafli Pasya. Sementara dua orang Rekpro yakni Genta M.I. Wathumlawar dan Gorgonius P.A. Reamur.

Hingga akhir pelaksanaan rekrutmen Akpol tahun 2023 di tingkat pusat tersisa 432 calon taruna dan taruni Akpol dari 34 polda yang bersaing. Ke-432 catar terdiri atas 288 calon taruna dan 54 calon taruni. Rangkaian Seleksi Akhir Taruna Akpol dimulai sejak 6 Juli lalu.

Para Catar Akpol melakukan pemeriksaan psikologi, administrasi, kesehatan, mental kepribadian, tes jasmani, akademik, hingga penampilan. Para Catar Akpol yang lolos seleksi akan ke Candradimuka, Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Mereka diberangkatkan pada Jumat, 28 Juli mendatang guna memulai masa pendidikan pada awal Agustus 2023. Candradimuka memiliki arti tempat pembentukan atau penggemblengan Catar Akpol dengan tujuan agar seseorang kuat, terlatih, dan tangkas.

FOLLOW US