• Nusa Tenggara Timur

Panen Perdana Tomat di Lahan Kelompok Tani Binaan Bank NTT, Ini Pesan Menyentuh Gubernur NTT

Semy Andy Pah | Jum'at, 07/07/2023 07:51 WIB
Panen Perdana Tomat di Lahan Kelompok Tani Binaan Bank NTT, Ini Pesan Menyentuh Gubernur NTT Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskoddat menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tani Secret Farming yang merupakan kelompok tani binaan Bank NTT usai panen perdana tomat, Kamis (6/7/2023).

KATANTT.COM--Keberhasilan program PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT sebagai Pelopor Penggerak Ekonomi Rakyat dan Menggali Sumber Potensi Daerah untuk diusahakan secara Produktif bagi Kesejahteraan Masyarakat NTT berbuah hasil.

Seperti keberhasilan Kelompok Tani Secret Farming di Kabupaten Timor Tengah Utara (TUU) yang merupakan kelompok tani binaan Bank NTT mendapat kesempatan melakukan panen perdana tomat bersama Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat sekaligus pemegang saham pengendali dan pemegang saham terbesar di Bank NTT.

Panen perdana tomat oleh orang nomor satu di NTT ini dilakukan saat kunjungan kerja ke daratan Timor tepatnya di Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten TTU, Kamis (6/7/2023). Pada kesempatan tersebut, Viktor Laiskodat memberikan pesan yakni mendukung langkah awal dari Kelompok Tani Secret Farmingdan mendorong untuk menjadi petani milenialyang menyediakan lapangan pekerjaan sendiri.

"Kalian ini masih muda dan punya potensi besar. Harapan kalian masih panjang, kalian harus belajar untuk biayai diri sendiri, dunia sudah sangat begitu maju untuk kalian bisa mandiri melalui usaha-usaha yang kalian ciptakan" Ujar Viktor Laiskodat.

Menurut Ciktor Laiskodat, inilah yang disebut dengan `Surga`csesuatu yang tidak ada dibuat menjadi ada itulah yang disebut surga. "Surga yang abstrak di konkritkan disini, kita juga perlu melihat strategi pemasaran dengan melihat bahan yang dapat di olah seperti tomat bisa dijadikan produk olahan seperti saus, seperti inilah yang diinginkan sehingga kita dapat menjual ke dalam daerah kita hasil produksi kita sendiri,"jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi NTT kepada Kelompok Tani Secret Farming berupa sumur bor guna menunjang pengembangan lahan tani ke depan.

Untuk diketahui, lahan yang diolah tersebut merupakan kolaborasi kerja sama antara Bank NTT, PT Syngenta, Pelajar SMA Vides, OMK dan umat di Paroki St. Antonius Padua Sasi Keuskupan Atambua dengan total luas lahan sebesar 2 hektare. Lahan ini dikelola oleh 16 orang dan di bagi dalam 3 kelompok kerja untuk target pemasaran ada 3 titik yaitu Kabupaten TTU, Kota Kupang, dan ekspor ke Timor Leste.

Panen perdana dan tanam simbolis lahan hortikultura, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menghimbau para petani mendesain hasil tanam sesuai dengan kebutuhan pasaran. Mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI ini juga meninjau dan memanen Brokoli dan Kol pada desa binaan Bank NTT di desa Neonbaun, Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU.

Usai panen simbolis dilanjutkan dengan diskusi ringan bersama dengan kelompok tani dan seluruh masyarakat Neonbaun.Adapun hasil diskusi tersebut Kadis Pertanian NTT, Lecky Ferderich Koli menekankan bahwa dalam menanam holtikultura itu perlu pandai membaca pasar.

"Tidak bisa menanam sesuai maunya kita saja saat bawah di pasaran membuat kita kewalahan untuk menjual nya, seperti harga tomat itu harganya hanya Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per kilo. Kenapa ? Karena semua petani menanam tomat akibatnya harga menjadi turun oleh karna itu ini musti diatur," katanya.

Menambahkan apa yang disampaikan Kadis Pertanian NTT, Lecky Ferderich Koli ini, Gubernur NTT Viktor Laiskodat menghimbau agar aplikasi online juga harus dipasang disini sehingga Petani dapat mengikuti perkembangan market harga komoditi sehingga harga komoditi ini menjadi rujukan untuk petani mendesain penanaman.

"Kalian juga harus sesuaikan dengan perkembangan teknologi melalui pemasangan aplikasi online. Sehingga diharapkan melalui aplikasi online tersebut para petani dapat mengikuti dan mengetahui kapan saatnya harga komoditi hasil jenis kebun ini harganya naik di bulan berapa/ "Itulah yang kita inginkan dalam mendesain tanaman dan kapan harus dijual untuk mendapatkan keuntungan yang baik," kata Viktor Laiskdoat.

Adapun dalam acara ini dirangkaikan dengan Penyerahan bantuan simbolis kredit merdeka dari Bank NTT yang diberikan kepada 5 petani dari Desa Neonbaun bertujuan membangkitkan semangat dan harapan dari para Petani dalam mendapatkan modal yang murah, mudah, dan cepat dalam mengembangkan usaha-usaha kecil menengah. Pada moment ini juga di suguhkan pameran mini expo kepada rombongan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat berupa sayur brokoli, kol, hasil kerajinan tenunan, dan hasil komunitas eco enzyme yang dapat dijadikan oleh-oleh.

FOLLOW US