• Nusa Tenggara Timur

Bhayangkari Polda NTT Bersih-bersih Pantai di Kota Kupang

Imanuel Lodja | Senin, 26/06/2023 15:24 WIB
Bhayangkari Polda NTT Bersih-bersih Pantai di Kota Kupang Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Vera Johni Asadoma saat memimpin pembersihan terhadap sampah plastik yang berserakan di pantai yang ada di Kota Kupang bersama seluruh anggota Bhayangkari, Polwan maupun perwakilan anggota Polda NTT, Senin (27/6/2023).

KATANTT.COM--Bhayangkari Polda NTT memiliki kepedulian pada kebersihan lingkungan pantai. Senin (26/6/2023), Polda NTT beserta Bhayangkari daerah NTT dan Polwan serta masyarakat bersinergi mendukung gerakan beat plastic pollution untuk NTT yang lebh bersih, sehat dan lestari.

Kegiatan bersih-bersih sampah ini dilakukan di pantai Namosain, Kota Kupang dalam rangka memperingati HUT ke-77 Bhayangkara, HUT ke-71 Hari Gerak Bhayangkari dan HUT ke-75 Polwan serta memperingati hari lingkungan dunia yang telah diperingati tanggal 5 Juni 2023 lalu.

Menyusuri sepanjang pantai Namosain, Kota Kupang, dipimpin Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Vera Johni Asadoma, seluruh anggota Bhayangkari, Polwan maupun perwakilan anggota Polda NTT melakukan pembersihan terhadap sampah plastik yang berserakan.

Usai melakukan bersih-bersih sampah plastik, Vera Johni Asadoma menyambangi para penjual ikan di sepanjang pantai serta membeli berbagai jenis ikan untuk dibagi-bagi kepada anggota Polwan dan Bhayangkari-nya.

Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Vera Johni Asadoma mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan secara serentak dari tingkat Polda hingga Polres se-NTT. “Seperti kita ketahui bahwa NTT merupakan wilayah kepulauan sehingga banyak pantai sehingga kemungkinan terdapat banyak sampah plastik," ujarnya.

Kegiatan di pelabuhan Namosain ini difasilitasi oleh Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) sehingga Bhayangkari berinisiatif melakukan kegiatan serentak di wilayah NTT dari pusat hingga ke daerah.

Ada 21 Polres jajaran sehingga ada 21 Cabang Bhayangkari yang ikut berpartisipasi bersama untuk melaksanakan kegiatan pembersihan pantai. "Kami juga dibantu oleh komunitas lingkungan juga masyarakat yang berada disekitar sini. Begitu juga di daerah dibantu oleh masyarakat dan komunitas daerah,” ujar Ny Vera Johni Asadoma yang didampingi Ketua Seksi hubungan luar, Titin Nanang Putu Wardiyanto dan ketua Seksi Kebudayaan, Selvi Rahmat Hakim.
Sengaja dipilih wilayah Pantai Namosain karena merupakan tempat aktivitas masyarakat karena pada sore hari banyak muda mudi yang menikmati pemandangan disekitar sini.

Juga merupakan tempat bongkar muat sembako sehingga dapat mendukung perekonomian di sini. Selain bersih-bersih sampah, Bhayangkari juga akan melakukan gerakan cinta Rupiah dan banyak kegiatan lainnya diantaranya bhakti sosial dan kegiatan sosial lainnya seperti kepada bantuan sosial bagi anak-anak stunting.

Kegiatan pemberian bantuan sosial kepada panti asuhan, pemeriksaan kesehatan umum, donor darah juga ada vaksin. "Semua ini kami lakukan bersama Polda NTT dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara serta bersama Polwan dalam menyambut hari Polwan tanggal 1 September mendatang,” pungkasnya.

FOLLOW US