• Nusa Tenggara Timur

Tujuh Kecamatan di Kabupaten TTS Terinfeksi Rabies

Imanuel Lodja | Selasa, 30/05/2023 14:48 WIB
Tujuh Kecamatan di Kabupaten TTS Terinfeksi Rabies Ilustrasi Anjing

KATANTT.COM--Hingga saat ini, sudah ada tujuh kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diduga hewan anjing telah terinfeksi rabies. "Ada sudah sekitar tujuh kecamatan yang tertular (rabies) di TTS," kata Kepala Balai Karantina Kelas I Kupang, drh Yulius Umbu Hunggar yang dihubungi Selasa (30/5/2023).

Yulius menyebutkan ketujuh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Amanatun Selatan, Kuatnana, Kolbano, Amanuban Tengah, Nunkolo, Ki`e dan Kualin. "Tujuh kecamatan tersebut yang diduga telah terinfeksi," katanya.

Menurut Yulius, saat ini sedang diutamakan untuk melakukan vaksinasi bagi warga yang diduga telah tertular rabies akibat tergigit anjing.

"Kita sudah di soe (ibu kota TTS) dengan Dinas Kesehatan Propinsi, kita ada bawa 100 dosis VAR (vaksin anti rabies) untuk manusia," kata Yulius.

Penanganan pertama kata Yulius akan diprioritaskan pada yang tergigit yang telah terkonfirmasi ada belasan warga di Desa Fenun, Kecamatan Amanatun Selatan. Kemudian juga akan diutamakan bagi petugas vaksin atau vaksinator di lapangan. "Nanti selanjutnya akan dilakukan penanganan terhadap hewan pembawa rabies milik warga," ujarnya.

Wakil Bupati Timor Tengah Selatan, Army Konay mengatakan dari 19 orang yang diduga tertular rabies akibat gigitan anjing ada enam orang yang memiliki gejala positif rabies ada enam orang. "Dan kalau gejala sudah sampai otak, kalau penanganan untuk yang telah mencapai otak maka akan sulit," ujarnya.

Sebelumnya pada Senin (29/5/2023), Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun membenarkan laporan hasil pengujian laboratorium Balai Besar Veteriner Denpasar Kementerian Pertanian terhadap sampel organ anjing yang menggigit salah satu warga bernama Petronela positif rabies.

Laporan dari Polsek Amanatun Selatan menyebutkan ada 20 warga Desa Fenun, Kecamatan Amanatun Selatan yang terindikasi terinfeksi rabies. Dari 20 orang tersebut satu warga meninggal dunia usai digigit anjing pada pekan lalu.

FOLLOW US