• Nusa Tenggara Timur

Sambangi Kantor Diskominfo NTT, Gubernur Minta Penguatan Kapasitas Pelayanan Informasi Publik

Semy Andy Pah | Sabtu, 04/03/2023 14:17 WIB
Sambangi Kantor Diskominfo NTT, Gubernur Minta Penguatan Kapasitas Pelayanan Informasi Publik Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mendapat penjelasan dari salah satu staf saat menyambangi Kantor Diskominfo NTT, Senin (27/2/2023).

KATANTT.COM--Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat minta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) NTT dapat meningkatkan kapasitas pelayanan penyebarluasan dan akses informasi kepada masyarakat terkait dengan perkembangan pembangunan dan juga mendukung percepatan ekonomi melalui pembuatan beragam aplikasi.

"Sejauh ini saya memberikan apresiasi kepada Kepala Diskominfo NTT dan jajarannya telah memberikan sumbangan kinerja bagi Pemerintah Provinsi NTT khususnya dalam pembangunan pada bidang komunikasi dan informatika," kata Viktor Laiskodat saat menyambangi Kantor Diskominfo NTT, Senin (27/2/2023).

"Saya harapkan kedepan Dinas Kominfo dapat mengembangkan aplikasi yang mampu memberikan informasi valid dan update kepada publik untuk juga mendukung pertumbuhan ekonomi terkait potensi yang dimiliki Provinsi NTT," sambung Viktor Laiskodat.

Menurut Viktor, Dinas Kominfo NTT mempunyai power sebagai sumber informasi sehingga harus mampu memberikan pemikiran-pemikiran baru dan perencanaan pembangunan untuk menciptakan kemajuan bagi Provinsi NTT.

Selain itu, perlu dilakukan kolaborasi bersama berbagai pihak sehingga bisa menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat. Baik itu menyangkut produk kebutuhan rumah tangga ataupun ketersediaan sembako.

Termasuk informasi dan data akurat terkait harga, pihak penjual dan distributor sehingga mudah diakses dan membantu daya beli masyarakat.

Ia menjelaskan, perkembangan teknologi informasi saat ini sangat dibutuhkan oleh pihak manapun sehingga dibutuhkan kreatifitas dalam menciptakan aplikasi yang mudah diakses dan memudahkan aktivitas atau pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia.

"Saya juga ingin aplikasi itu dibuat untuk membantu kolaborasi dengan Dinas Peternakan, Pertanian, Perikanan, Pariwisata dan juga informasi mengenai data base UMKM yang ada di NTT. Jadi semuanya terkoneksi dengan baik," tambahnya.

Ia menyebut lewat aplikasi maka bisa membantu membangun jaringan pasar dengan kelompok produsen atau penjual yang ada di pasar yang menjual produk-produk pertanian seperti sayuran, produk peternakan seperti daging sapi ataupun produk perikanan dengan hasil ikan.

"Jadi masyarakat bisa akses aplikasi dan bisa membeli lewat online juga. Untuk jasa angkut dan pengantar barang (produk) kita bisa kerjasama dengan gojek ataupun pihak lainnya," ujarnya.

Sementara Kadis Kominfo NTT, Abraham Maulaka memberikan apresiasi kepada Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang berkunjung dan memberikan arahan untuk kemajuan pelayanan di Dinas Kominfo NTT.

"Terima kasih  kepada bapak gubernur yang sudah melakukan kunjungan ke Kantor Diskominfo NTT. Terima kasih juga atas berbagai arahan terkait penguatan kapasitas pelayanan informasi publik mengenai pengembangan aplikasi untuk membantu masyarakat mengakses informasi," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo NTT, Abraham Maulaka menyerahkan langsung memori jabatan Kepada Gubernur NTT, Viktor Laiskodat terkait dengan statusnya yang memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Turut hadir, Kaban Kepegawaian NTT, Henderina Laiskodat, Karo Ekonimi dan Pembangunan Setda NTT, Lery Rupidara, Karo Adpim Setda NTT, Prisila Q. Parera, Plt. Karo Umum Setda NTT, Erik Mella, Staf Khusus Gubernur Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga Anwar Pua Geno dan Staf Khusus Gubernur Bidang Pemerintahan dan Birokrasi David Pandie.

Orang nomor satu di NTT saat menyambangi Kantor Diskominfo NTT berkenan meninjau ke ruangan Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Bidang Persandian dan Pengamanan, Bidang Infrastuktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Bidang Layanan E-Government.

Malahan, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat juga memantau sarana dan prasarana pendukung diantaranya ruangan kerja Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTT, ruangan Pelayanan Informasi Publik, ruangan Perpustakaan, ruangan Network Operation Center, ruangan Pengembangan Aplikasi, ruangan Perlengkapan, ruangan tunggu dan ruangan Komisi Informasi. Setelah itu, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat bersama Kepala Dinas Kominfo, Abraham Maulaka bersama jajarannya melaksanakan rapat bersama di ruang aula Diskominfo NTT.

FOLLOW US