• Sport

Dipimpin Gavriel Putranto Novanto, Pengurus IMI NTT Periode 2022-2026 Resmi Dilantik

Semy Andy Pah | Sabtu, 04/03/2023 12:51 WIB
Dipimpin Gavriel Putranto Novanto, Pengurus IMI NTT Periode 2022-2026 Resmi Dilantik Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua MPR RI didampingi Wagub NTT, Josef Nae Soi usai melantik Pengurus IMI NTT periode 2022-2026, Sabtu (25/2/2023).

KATANTT.COM--Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi (JNS) mengajak Ikatan Motor Indonesia Provinsi NTT untuk menjalin sinergitas dan kolaborasi menghidupkan olahraga otomotif di bumi Flobamorata untuk juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendukung sektor periwisata.

"Dengan telah dilantiknya ketua dan jajaran Pengurus IMI NTT pada hari ini maka saya mengajak organisasi IMI NTT agar juga mengambil peran dalam membangun provinsi NTT ini salah satunya dengan terus meningkatkan olahraga otomotif untuk meningkatkan perekonomian daerah disamping itu juga turut mendukung pariwisata NTT," kata Josef Nae Soi saat melantik Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTT 2022-2026 di aula El Tari Kupang, Sabtu (25/2/2023).

Gavriel Putranto Novanto dilantik menjadi Ketua IMI Provinsi NTT 2022-2026 oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua MPR RI.

"Sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang juga mengatur pengembangan industri olahraga hingga mendongkrak perekonomian daerah. Maka dengan event olahraga otomotif juga menarik minat masyarakat dan juga UMKM sehingga menggerakan ekonomi di NTT," kata Josef.

Ia berharap IMI juga mendukung para pembalap lokal asal NTT untuk nantinya dapat bisa dipersiapkan dengan baik sehingga mampu berprestasi pada penyelenggaraan PON XXII tahun 2028 mendatang dengan Provinsi NTT dan NTB menjadi tuan rumah.

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo juga meminta IMI NTT untuk memberikan prestasi pada pada bidang olahraga otomotif dan mendukung sektor pariwisata NTT.

"Jadi bisa diadakan road race, off road ataupun even lainnya di objek-objek pariwisata NTT. Kita tahu betul bahwa NTT ini banyak sekali destinasi pariwisata yang indah," kata Bambang.

IMI NTT kata Bambang harus bisa memberikan sumbangan bagi Provinsi NTT tentunya dengan penyelenggaraan event-event otomotif untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi. 

Selain itu kata dia, menghidupkan ekonomi seperti pameran otomotif, agar turut menghadirkan UMKM, Cafe dan juga tempat makan di sini seperti yang sudah dilakukan di daerah lain.

"Kita tentunya juga hendak mewujudkan garis besar visi IMI yaitu prestasi, tourism (pariwisata) dan sosial," ungkapnya.

Bambang juga menambahkan salah satu dampak ekonomi yang sangat signifikan dari olahraga adalah perhelatan Moto GP di Sirkuit Mandalika di Provinsi NTB beberapa waktu lalu.

"Kita lihat gambaran besarnya dari even Moto GP di Provinsi NTB itu banyak sekali UMKM dan pegiat ekonomi dan bisnis yang terlibat. Dari event itu dampak pertumbuhan ekonomi luar biasa bisa mencapai 6,3%. Event itu juga disiarkan 253 televisi internasional dan di saksikan oleh seluruh penduduk dunia," jelasnya.

Sementara itu, Ketua IMI Provinsi NTT Gavriel Putranto Novanto, menyampaikan IMI NTT siap bersinergi bersama Pemerintah Provinsi NTT untuk membangun daerah terkhususnya lewat pengembangan bidang otomotif baik event ataupun kegiatan lainnya yang juga mendukung pariwisata NTT.

"Kami siap membangun organisasi IMI NTT ini dan juga siap bersinergi bersama Pemerintah Provinsi NTT. Kami juga sudah siapkan rangkaian program kerja kami diantaranya merumuskan kalender event otomotif untuk roda 2 dan roda 4 selama 1 tahun kalender sebagai bentuk persiapan atlet otomotif NTT dalam perhelatan even otomotif ke depan," jelas Gavriel yang merupakan putera mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Acara pelantikan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan 20 tempat sampah dari IMI NTT kepada Pemerintah Kota Kupang yang diserahkan langsung oleh Ketua IMI NTT Gavriel Putranto Novanto kepada Pejabat Wali Kota Kupang George Hadjoh. Kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan NTT Otomotif Festival 2023 ditandai penekanan sirene oleh Wagub NTT Josef Nae Soi bersama Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo dan Ketua IMI NTT, Gavriel Putranto Novanto.

FOLLOW US