• Nusa Tenggara Timur

(Hoaks): Data Pribadi Jokowi Bocor, Ayahnya Narapidana Eks PKI

Reli Hendrikus | Rabu, 08/05/2024 21:06 WIB
(Hoaks): Data Pribadi Jokowi Bocor, Ayahnya Narapidana Eks PKI Hoaks

 

KATANTT.COM--Viral data pribadi jo|ko|wi bocor ! Ayahnya seorang n4r4p1d4na eks p|k|i yang dit4|h4n di nusaka_mbangan. orang ini langsung dijemput dan dip3nj4ra

Apakah ini benar ?
Semakin penasaran,
Semoga bapak Bambang Trie masih dilindungi Allah. SWT…

Hasil Cek Fakta:

Sebuah video beredar di media sosial yang menjelaskan tentang data pribadi Jokowi. Dalam video terlihat seorang laki-laki menjelaskan beberapa hal terkait identitas Jokowi diantaranya mengenai

Ayah Jokowi bernama Heru Purnomo dan ibunya Yap Mei Hwa. Ayahnya seorang narapidana dan masih hidup dengan ciri-ciri jarinya empat.
Jokowi mencuri ijazah SMA milik seseorang bernama Joko Wahyudi
Foto ijazah atas kelulusannya di UGM adalah foto dari Hari Mulyono, adik Jokowi
Idayati (anak Heru Purnomo) dikawinkan secara inces sehingga anaknya juga berjari empat.

Setelah dilakukan penelusuran, pernyataan tersebut tidak benar. Diketahui laki-laki yang ada dalam video tersebut adalah Bambang Tri Mulyono. Pernyataan yang disampaikan Bambang tertuang dalam bukunya yang berjudul Jokowi Undercover.

Dalam video tersebut, Bambang juga mengatakan berencana membuat Jokowi Undercover 2. Melansir dari laman Detik bahwa Bambang sendiri sudah diadili karena menyebarkan berita bohong terkait identitas Jokowi melalui buku Jokowi Undercover tahun 2017 dan perihal ijazah palsu Jokowi pada tahun 2023.

Dalam dua persidangan tersebut Bambang tidak bisa membuktikan pernyataan-pernyataan yang dituturkan sehingga pada tahun 2017 ia divonis 3 tahun penjara dan di tahun 2023 Bambang kembali divonis 6 tahun penjara.

Sementara itu, Dilansir dari laman http://kumparan.com nama orang tua asli Jokowi berbeda dengan yang disebutkan pria tersebut. Orang tua Jokowi bernama Widjiatno Notomiharjo dan Sujiatmi yang bekerja serabutan, mencari kayu, sopir hingga berjualan bambu.

Selain itu, melansir dari laman http://republika.co.id, diketahui ayah Jokowi sudah meninggal pada usia 60 tahun tepatnya pada tanggal 23 Juli 2000. Ijazah jokowi pun sudah dikonfirmasi oleh pihak sekolah baik SMA N 6 Solo maupun UGM dan terbukti asli.

Hingga saat ini tidak ada informasi valid yang menyebutkan bahwa ayah Jokowi menikahkan anaknya secara inces dan jika dilihat dari sejumlah foto tidak ada tanda-tanda bahwa Idayati memiliki jari empat seperti yang disebutkan oleh Bambang.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan Bambang terkait ayah Jokowi adalah narapidana dan masih hidup tidaklah benar.

Kesimpulan:

Faktanya, pernyataan yang mengklaim bahwa ayah Jokowi narapidana dan masih hidup tidaklah benar. Ayah Jokowi bernama Notomiharjo dan diketahui sudah meninggal pada tahun 2000.

Rujukan:

https://m.kumparan.com/amp/sejarah-dan-sosial/silsilah-joko-widodo-yang-lahir-dari-keluarga-sederhana-20AdidqiZhB

https://www.republika.co.id/berita/n75og3/jokowi-ziarah-ke-makan-ayahnya

https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6679963/bambang-tri-divonis-6-tahun-bui-di-kasus-ijazah-palsu-jokowi/2?_gl=14vgfe3_gaU2h5eVFOX09qcnBpMXM3RkxCX2w2dEtkZ005LU9kRnVBWm5ZcDdMTFlHYjdWVDNDcUtON3FtSmFoc3RONWZyWA.._ga_CY42M5S751*MTcxNTA1NDA5Ni45LjAuMTcxNTA1NDA5Ni42MC4wLjA.

https://radarsolo.jawapos.com/solo/841692862/sman-6-solo-buka-suara-soal-isu-ijazah-palsu-jokowi-kepsek-beliau-sandang-juara-umum

https://news.detik.com/berita/d-6341776/ugm-tegaskan-ijazah-s1-jokowi-asli/amp

https://www.jatimnetwork.com/hiburan/pr-433471763/profil-idayati-terbaru-dari-anak-umur-hingga-pekerjaan-adik-jokowi-yang-nikah-dengan-ketua-mk?page=2

 

FOLLOW US