• Nusa Tenggara Timur

Ahli Periksa HP Penumpang yang Meledak Dalam Pesawat Lion Air di Bandara El Tari

Imanuel Lodja | Minggu, 26/02/2023 18:22 WIB
Ahli Periksa HP Penumpang yang Meledak Dalam Pesawat Lion Air di Bandara El Tari ilustrasi_hp

KATANTT.COM--Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-693 tujuan Kupang - Surabaya dibatalkan akibat handphone salah satu penumpang meledak di dalam pesawat, Minggu (26/2/2023).

Coorporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam rilisnya, Minggu (26/2/2023) menjelaskan, penanganan operasional dan penumpang rute Bandar Udara El Tari, Kupang, tujuan Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda sudah dilaksanakan menurut standar operasional prosedur (SOP).

Menurutnya, Lion Air akan mengoperasikan registrasi pesawat PK-LQS jenis Boeing 737-900ER dengan membawa 163 penumpang. Sebelum keberangkatan penerbangan pukul 06.15 wita, Lion Air melakukan prosedur untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Pemeriksaan pesawat awal (pre-flight procedure) secara menyeluruh oleh teknisi dan pilot untuk menjamin semua sistem dan komponen pesawat berfungsi dan bekerja dengan baik. Hasilnya pesawat laik terbang dan aman dioperasikan (airworthy for flight).

Penanganan dan pemeriksaan seluruh penumpang dilakukan petugas keamanan. Penanganan cargo dan barang bawaan. Setelah proses menaikkan penumpang (boarding) selesai, seluruh penumpang telah duduk dan pesawat di dorong mundur (pushback) untuk bersiap menuju landas pacu (runway).

KNKT dan Lion Air Lakukan Investigasi

Coorporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti terjadinya insiden ini.

Saat ini, handphone tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan.

Menurut Danang Mandala Prihantoro, Lion Air sebagai maskapai yang berkomitmen terhadap keselamatan penumpang, tidak akan berspekulasi mengenai penyebab terbakarnya handphone di pesawat, hingga proses penyelidikan sesuai dengan regulasi penerbangan selesai dilakukan.

Pengecekan pesawat dan investigasi tidak dapat dijalankan secara cepat dan instan. Ia mengaku, dampak yang ditimbulkan adalah terjadi keterlambatan keberangkatan penerbangan rute Kupang ke Surabaya serta Surabaya tujuan Jakarta.

Lion Air sangat fokus mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang menjadi prioritas utama (safety first) dalam setiap penerbangan. "Lion Air mengingatkan kepada seluruh penumpang selalu mengikuti instruksi kru penerbangan dan tidak membawa barang-barang yang berpotensi membahayakan dalam kabin pesawat," tutup Danang Mandala Prihantoro.

FOLLOW US