• Nusa Tenggara Timur

Begini Kronologi Ponsel Penumpang Terbakar Dalam Pesawat Lion Air di Bandara El Tari

Imanuel Lodja | Minggu, 26/02/2023 18:14 WIB
Begini Kronologi Ponsel Penumpang Terbakar Dalam Pesawat Lion Air di Bandara El Tari Pesawat Lion Air

KATANTT.COM--Pesawat Lion Air Boeing 737 900 ER, dengan nomor penerbangan JT693 tujuan Kupang-Surabaya batal berangkat pada Minggu (26/2) pagi. Pembatalan tersebut karena terbakarnya telepon seluler salah satu penumpang yang berakibat ikut membakar karpet lantai pesawat dan mengeluarkan asap.

Pesawat yang mengakut 163 penumpang tersebut harusnya berangkat pukul 06.20 wita. Dari laporan yang diterima, proses boarding penumpang berlangsung melalui gate 1 Bandara El Tari Kupang dimulai pukul 05.45 Wita.

Setelah seluruh penumpang telah berada di dalam cabin pesawat dan dilalukan penutupan pintu sehingga pesawat pun langsung mundur atau push back untuk menuju ke runway. Saat itulah ponsel milik seorang penumpang yang atas nama Apriyanto Nahak (25) warga Desa Naimama, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka meledak.

Apriyanto yang duduk di kursi nomor 9D membuang ponselnya ke lantai karpet pesawat karena merasa ponsel tersebut panas dalam kantong celananya. Saat Apriyanto melempar ponselnya ke lantai karpet cabin pesawat, kondisi ponselnya sudah dalam keadaan mengeluarkan asap.

Apriyanto pun sempat menginjak ponselnya ponselnya dengan tujuan untuk mematikan ponsel tersebut, tapi ponsel tersebut terus mengeluarkan api dan langsung meledak dan membakar karpet cabin pesawat.

Akibat kejadian tersebut, membuat para penumpang menjadi panik dan membuka jendela darurat bagian tengah sebelah kiri. Kepanikan tersebut membuat pramugari dan pilot kemudian mengarahkan penumpang untuk segera meninggalkan pesawat dan menunggu di ruang tunggu.

Pada sekitar pukul 07.25 wita pihak maskapai Lion Air memutuskan untuk menunda penerbangan pesawan Lion Air JT693 tujuan Surabaya tersebut.

Sementara itu, Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantono dalam keterangan tertulis menjelaskan tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti terjadinya insiden ini.

"Saat ini, handphone (penumpang) tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan," kata Danang.

Danang menjelaskan Lion Air sebagai maskapai yang berkomitmen terhadap keselamatan penumpang, tidak akan berspekulasi mengenai penyebab terbakarnya handphone penumpang tersebut.

Di Bandara El Tari para penumpang pesawat Lion Air yang tertunda penerbangan akibat peristiwa tersebut hingga pukul 13.00 Wita masih berada di ruang tunggu Bandara El Tari Kupang. Karena menurut informasi yang diterima akan ada pesawat pengganti yang akan mengakut para penumpang tersebut.

FOLLOW US